Sukses

Bersepeda Bikin Vagina Cepat Kendur?

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti wajah, vagina juga bisa mengalami kekenduran. Bedanya, mengatasi vagina kendur tak semudah dengan wajah, karena vagina merupakan daerah intim yang teramat sensitif.

Meski vagina kendur terjadi pada wanita usia lanjut, tapi dengan melakukan aktivitas ini dapat membantu Anda mencegah kekenduran vagina.

Mengutip laman Shape, Jumat (17/3/2017) berikut cara untuk menjaga vagina tetap sehat dan terhindar dari kekenduran. Beberapa cara alami di bawah ini bisa dilakukan oleh wanita di usia 20-an dan seterusnya. Selamat mencoba!

1. Latihan kegel

Ahli Kesehatan dan Pakar Peremajaan Vagina, Karen Boyle, asal Amerika ini menyarankan agar setiap wanita mengambil latihan kegel untuk menghindari kekenduran vagina. 

Kontrak otot dasar panggul yang dilakukan selama lima detik akan mengencangkan daerah intim wanita. "Lakukan sebanyak tiga kali sehari dengan hitungan 100 kali," kata Boyle.

2. Jangan menggosok vagina

Saat membersihkan vagina, hindarilah gerakan menggosok vagina dengan gerakan yang kencang atau keras. Itu akan melukai dan mencederai vagina Anda. "Jaringan labial sangat sensitif dan Anda cukup dengan membilasnya saja untuk membersihkan vagina," Boyle mengingatkan.

3. Hindari bersepeda terlalu lama

Mengendarai sepeda terlalu lama akan menyebabkan area vagina Anda menjadi renggang. "Gerakan mengayuh sepeda akan membuat kontak otot berlebih dan menyebabkan kekenduran," ujarnya.

Artikel Selanjutnya
Hindari 4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Vagina Tak Sehat
Artikel Selanjutnya
Kebiasaan Ini Bisa Bikin Vagina Berjamur