Sukses

7 Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

Walaupun masalah mulut kering mudah diatasi, terkadang kekurangan air liur bisa merupakan tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang mengalami mulut kering, seringkali hal ini membuat kita tidak nyaman dalam melakukan hal-hal sederhana seperti misalnya bernapas, berbicara, dan mengunyah.

Walaupun penyebab dari mulut kering mudah diatasi, tetapi terkadang, kekurangan air liur bisa merupakan tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius, sehingga perlu segera ditangani.

Namun sebelum bisa menanganinya secara tepat, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebabnya, seperti yang dilansir dari Self, Rabu (15/3/2017):

1. Memiliki penyakit autoimun

“Jika Anda mengalami mulut kering dan sudah meminum banyak air putih tetapi mulut tetap kering, bisa jadi karena ada masalah medis dibaliknya,” ujar seorang dokter keluarga di One Medical, Arizona, Natasha Bhuyan, M.D.

Menurut the National Institute of Health, kondisi medis yang paling mungkin ialah sindrom Sjogren, yaitu penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata dan air liur. Dua gejala paling umum dari kondisi ini ialah mata kering dan mulut kering.

Menurut Bhuyan, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk menguyah permen karet bebas gula, menghisap lozenges, atau ia mungkin juga akan menuliskan resep obat yang dapat meningkatkan produksi air liur Anda.

2. Sedang meminum beberapa obat-obatan

“Sebenarnya, ada banyak obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering. Namun yang paling umum ialah antihistamin dan obat untuk ADD seperti Adderall. Selain itu, obat untuk mengatasi depresi dan kecemasan juga bisa menyebabkan mulut kering,” ujar seorang dokter yang berbasis di kota New York, Amy Esposito, M.D.

3. Mendengkur

Bernapas lewat mulut atau mengorok sepanjang malam, akan menyebabkan mulut Anda kering. “Jika Anda selalu mengalami mulut kering saat bangun pagi, maka ada indikasi klinis sleep apnea. Jadi, sangat layak agar kondisi ini dievalusi oleh seorang dokter spesialis tidur, sehingga dengkuran Anda bisa terkontrol,” ujar Bhuyan.

4. Merokok

Selain berbahaya pagi paru-paru, merokok juga dapat mengurangi produksi air liur Anda, sehingga menyebabkan mulut kering.

5. Dehidrasi

“Penyebab paling umum dari mulut kering ialah dehidrasi,” ujar Esposito. Bhuyan pun menambahkan, yang harus Anda lakukan ialah meminum air putih yang lebih banyak, maka nantinya Anda pun akan merasa jauh lebih baik.

6. Memiliki masalah sinus

“Siapapun yang memiliki deviasi septum (pembatas lubang hidung yang bengkok) atau polip hidung, biasanya akan sulit bernapas melalui hidung, sehingga mereka akan bernapas lewat mulut yang akhirnya menyebabkan mulut menjadi kering,” ujar Bhuyan.

Ia menambahkan, ”Anda mungkin berpikir bahwa hal ini normal, dan tidak menyadari bahwa sebenarnya Anda memiliki deviasi septum atau masalah sinus lainnya. Jadi, jika Anda sering kesulitan bernapas lewat hidung, lebih baik periksakan segera ke dokter untuk melihat apakah ada masalah struktural. Selain itu, masalah sinus juga bisa berkontribusi dalam hal mengorok.”

7. Memiliki infeksi atau virus

HIV/AIDS adalah kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan mulut kering, tetapi tentu saja bukan hanya mereka yang bisa menjadi penyebabnya. Karena, bisa juga virus lain atau infeksi-infeksi lain menyebabkan mulut Anda menjadi kering. Sehingga Bhuyan menyarankan untuk menindaklanjuti kondisi ini dengan dokter Anda. (Tassa Marita F.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.