Sukses

Dengar Lagu 'Beauty and The Beast', Bisa Turunkan Tekanan Darah?

Mendengarkan lagu favorit, seperti Beauty and The Beast ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Liputan6.com, Jakarta Mendengarkan lagu favorit, misalnya lagu Beauty and The Beast, yang kini banyak diputar di berbagai media rupanya memiliki manfaat hebat. Beberapa teman mengatakan saat menyanyikan lagu yang kini dipopulerkan kembali oleh Ariana Grande dan John Legend ini membuat bahagia.

Memang, hasil studi menunjukkan, mendengarkan lagu favorit, baik pop atau rock, mampu memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan kita. Berikut tiga diantaranya seperti mengutip Good Housekeeping, Jumat (17/3/2017).

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi dari Italia menunjukkan saat mendengarkan lagu-lagu klasik atau musi India sambil bernapas perlahan selama 30 menit sehari mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga empat poin. Manfaat ini sama dengan yang didapat dari menurunkan asupan garam.

2. Membuat relaks

Seorang teman menjadikan Beauty and The Beast  sebagai lagu favorit. Sehingga dalam sehari bisa mendengarkan tiga-lima kali di sela-sela kerja. Katanya bisa membuat dia bahagia. Dan rupanya, memang musik mampu menurunkan stres.

Hasil studi di Swedia menunjukkan orang yang mendengarkan lagu favorit selama 30 menit sehari menurunkan tingkat hormon stres yakni kortisol. Penurunan tingkat kortisol bahkan lebih baik dari bersantai.

Studi lain yang dilakukan Group Health Research Institute in Seattle, menunjukkan saat kita mendengarkan musik sambil berlatih napas mampu meredakan kecemasan. Manfaat ini sama manfaatnya dengan efek dipijat.

3. Mengurangi rasa sakit

Studi dari University of Utah, Amerika Serikat menunjukkan mendengarkan musik mampu mengurangi rasa sakit. Menurut peneliti di bidang terapi seni, Joke Bradt, hal itu terjadi karena musik mampu membuat seseorang terdistraksi. Sehingga rasa nyeri tidak terlalu terasa.

Untuk mendapatkan manfaat dari mendengarkan lagu favorit tersebut pastikan Anda benar-benar menyukai lagi tersebut. Baik lagu pop hingga rock tidak masalah. "Jika lagu milik Lady Gaga bisa membuat relaks, dengarkan lagu-lagunya," saran Bradt.

Lalu pastikan, saat mendengarkan lagu favorit itu dengan santai dan memberi perhatian pada lagu tersebut. Dengan begitu, manfaat bagi tubuh pun bisa didapat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini