Sukses

5 Cara Alami Bikin Bokong Mulus Bebas Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki bokong mulus seperti milik bayi? Namun, kadang kala harapan itu pupus ketika muncul jerawat yang membuat bokong jadi kasar.

Jerawat bisa tumbuh di area bokong karena adanya penumpukan minyak alami kulit, lalu ditambah dengan kotoran lain yang menyumbat pori-pori kulit. Terlebih lagi, daerah bokong cenderung lembap sehingga menjadi tempat ideal bagi jerawat tumbuh subur.

Hilangkan jerawat di bokong dengan cara sederhana. (Ilustrasi: Skincare)

Untuk mengatasi jerawat muncul, menjaga kebersihan di sekitar area bokong adalah kunci utama. Rutin mengganti celana dalam serta membersihkan dan menyeka area itu usai buang air hingga kering juga penting dilakukan.

Selain itu,Anda bisa meredakan jerawat dengan bahan-bahan alami agar bisa memiliki bokong mulus. Berikut lima bahan alami yang membantu meredakan jerawat demi memiliki bokong mulus seperti mengutip Boldsky, Jumat (17/3/2017).

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa membantu mengurangi produksi sebun, membuat peradangan jerawat mereda, serta memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab infeksi.

Bila Anda memiliki minyak kelapa di rumah, coba ambil sedikit minyak kelapa ke tangan lalu usapkan pada bokong setiap malam sebelum tidur. Keesokan harinya, cuci area bokong hingga bersih.

2. Yogurt + kunyit

Kehadiran asalm laktat dalam dalam yogurt dan kunyit membantu mengontrol produksi minyak di bokong. Selain itu, cara ini juga membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati.

Bila ingin memanfaatkan paduan dua bahan ini, caranya mudah. Ambil satu sendok teh kunyit bubuk lalu campur dengan setengah sendok makan yogurt. Campur rata lalu, oleskan pada jerawat yang ada di bokong. Biarkan mengering. Lalu basuh bokong dengan air hangat. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

1 dari 2 halaman

Es batu

3. Tea tree oil

Minyak yang satu ini mengandung antibakteri, antiseptik, dan antijamur yang membantu membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, tea tree oil efektif membantu mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekas luka jerawat.

Caranya, teteskan tea tree oil di kapas. Lalu usap pada area jerawat di bokong. Coba satu jerawat terlebih dahulu. Bila merasa nyeri, campur minyak ini dengan air dengan perbandingan jumlah yang sama. Oleskan pada jerawat dan biarkan mengering lalu bersihkan. Lakukan cara ini seminggu dua kali.

Minyak yang terbuat dari daun tea tree ini memiiki banyak manfaat bagi kesehatan dan keseharian Anda.

4. Oatmeal

Ya, benar oatmeal. Tekstur kasar dari oatmeal membantu mengelupas sel-sel kulit mati serta membantu meredakan nyeri kulit bekas jerawat.

Caranya, campur satu sendok oatmal dengan satu sendok makan yoghurt dan satu sendok kunyit. Campur rata, lalu usapkan pada bokong. Biarkan mengering lalu gosok hingga rata. Lalu, bilas hingga bersih.

5. Es batu

Jika kondisi jerawat di bokong sudah parah, coba redakan dengan es batu. Gosok-gosok area bokong dengan es batu. Dinginnya es batu akan membantu mengurangi pembengkakan dan membuat peradangan sedikit mereda.

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami Atasi Permasalahan Kulit Tangan yang Mulai Berkerut
Artikel Selanjutnya
3 Cara Alami untuk Menghilangkan Komedo