Sukses

Stres Ogah Mampir pada Wanita yang Doyan Makan Sayuran

Liputan6.com, Jakarta Makan lebih banyak sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko stres. Pada wanita yang gemar makan sayur sebanyak lima sampai tujuh porsi setiap hari, stresnya jadi berkurang 23 persen. Ini berkaitan dengan kurangnya asupan serat yang membuat kita mudah gemuk.

Secara psikologis, stres meningkat pada wanita obesitas. Namun, melihat kandungan gizi dari setiap sayur yang ada, masing-masing memiliki kegunaan meningkatkan produksi serotonin dan dopamanin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Ini merupakan hasil studi yang dilakukan University of Sydney di Australia dengan melibatkan 60.000 orang tua berumur 45 tahun atau lebih.

Peneliti mengukur seberapa banyak konsumsi buah dan sayur, beserta faktor gaya hidup dan tekanan psikologis pada 2006 sampai 2008 dan 2010.

Selama kurang lebih empat tahun, wanita yang makan tiga atau empat porsi sayuran setiap hari, risiko mengalami stres berkurang 12 persen. Sedangkan yang makan sayuran sampai tujuh porsi, mengaku stresnya berkurang banyak.

Mereka sebelumnya menemukan, konsumsi buah saja tidak berdampak pada bekurangnya stres. Namun, ketika asupan buah diimbangi dengan sayuran, kemungkinan untuk depresi pun sangat rendah.

"Kami menemukan buah dan sayuran lebih protektif di tubuh perempuan ketimbang laki-laki. Penelitian ini menunjukkan, perempuan dapat mengambil manfaat lebih dari buah dan sayuran," kata peneliti dari University of Sydney, Binh Nguyen PhD dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (16/3/2017)

Dan jangan lupa menyantap sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan folat dan dapat meningkatkan suasana hati.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Tingkatkan Gairah Bercinta dengan Makanan Ini