Sukses

Ingin Berat Badan Turun, Matikan Lampu Saat Tidur

Tidur di ruang atau kamar yang gelap dapat membantu proses penurunan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Selain menjalani pola diet seimbang dan rutin berolahraga, rupanya mematikan lampu saat tidur menjadi salah satu pendukung agar berat badan turun.

Sebuah studi pada 2016 lalu yang terbit dalam Journal of Pineal Research, menemukan adanya hubungan antara cahaya dengan pembakaran kalori. 

Menurut studi, hormon melatonin yang diproduksi selama tidur dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori tubuh. Sementara, hormon melatonin akan berproduksi dengan sempurna dalam keadaan yang gelap gulita.

Selain itu berikut hal yang harus Anda lakukan jika ingin berat badan turun sempurna dalam waktu singkat seperti dikutip laman Men's Health, Kamis (16/3/2017).

- Atur suhu kamar

Mengatur suhu kamar dapat membantu proses pembakaran kalori selama tidur. Dalam studinya, National Institute of Health Clinical Center menemukan orang yang tidur di kamar bersuhu 19 derajat celsius akan mengalami pembakaran kalori tujuh persen lebih banyak, dibandingkan dengan orang yang tidur di kamar bersuhu 23 derajat celsius.

- Olahraga malam hari

National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang rutin olahraga malam hari akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Saat individu mendapatkan tidur nyenyak maka produksi hormon melatonin akan semakin sempurna, sehingga mampu mendukung proses pembakaran kalori selama tidur dan berat badan turun sempurna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini