Sukses

Belum 5 Detik, Amankah Makan Makanan yang Jatuh di Lantai?

Liputan6.com, Birmingham, Inggris Amankah tetap memakan makanan yang jatuh ke lantai meski dengan komentar "belum 5 detik?" Baru-baru ini, para peneliti di University of Aston, Birmingham, Inggris mengklaim, aturan "belum 5 detik" dalam kasus tertentu terbilang aman. Bahkan lamanya waktu makanan berada di lantai sampai setengah jam bisa membuat makanan tetap aman dimakan.

Ahli kuman Profesor Anthony Hilton dari Aston University menyatakan, aturan sepenuhnya tergantung dari permukaan lantai dan jenis makanan yang jatuh.

"Tentunya sudah sangat jelas, makanan yang terlihat tertutup kotoran tidak boleh dimakan. Ilmu pengetahuan menunjukkan, makanan tidak mungkin terkontaminasi bakteri berbahaya dalam beberapa detik berada di lantai dalam ruangan," kata Hilton, dikutip dari Mashable, jumat  (17/3/2017).

Namun, patut dipahami, makan makanan yang jatuh ke lantai tidak sepenuhnya bebas risiko dari bakteri. Lamanya waktu makanan yang jatuh ke lantai bukan faktor utama bagi bakteri berpindah ke makanan kering. 

Peneliti menguji menggunakan jenis makanan yang berbeda pada permukaan di lantai yang mengandung 10 juta bakteri, termasuk karpet, linoleum (bahan pelapis lantai), dan ubin. Makanan kering seperti biskuit, cokelat, keripik, dan sandwich dapat dimakan dari lantai setelah jatuh dalam waktu 30 menit.

Di ubin terbilang sedikit perpindahan risiko kuman. Ketika makanan yang basah seperti pasta, kentang goreng, donat, atau roti panggang yang jatuh "belum lima detik" dapat membuat bakteri berpindah lebih cepat dari lantai.

Apalagi makanan tersebut dibiarkan selama lebih dari lima detik.

1 dari 2 halaman

Kontroversi pendapat

Kontroversi pendapat

Penelitian terbaru yang menyatakan, makanan "belum 5 detik" jatuh ke lantai ini aman dimakan berbeda dari penelitian sebelumnya pada tahun 2016. Para peneliti di Rutgers University, Amerika Serikat menyatakan, makan makanan yang jatuh ke lantai itu tidak aman.

Menurut penelitian tersebut, perpindahan bakteri dapat terjadi dalam waktu kurang dari satu detik untuk jenis makanan tertentu atau melihat pada permukaan lantai.

Tanggapan juga dikemukakan ahli gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, Ir Heryudarini Harahap, M Kes. Penelitian soal makanan "belum 5 detik" jatuh ke lantai harus didukung dengan seberapa besar kandungan mikroba dari makanan yang jatuh ke lantai.

"Penelitian harus didukung dengan penjelasan rinci kandungan mikroba (bakteri). Terlebih lagi bila makanan itu tertempel jelas kotoran. Sebaiknya, tidak dimakan," jelas Heryudarini saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Kamis (16/3/2017).

Walaupun makanan yang jatuh ke lantai berjenis makanan kering dan makanan basah serta "belum 5 detik" maupun lebih dari 5 detik, sebaiknya hindari dimakan.

"Karena makanan yang sudah jatuh ke lantai itu sudah terkontaminasi bakteri," tutup Heryudarini.

Artikel Selanjutnya
Di Waktu Ini Vagina Akan Terasa Gatal
Artikel Selanjutnya
5 Kuliner Sehat Khas Jakarta yang Perlu Kamu Tahu