Sukses

Arti dari 5 Warna Dahak yang Keluar Saat Batuk

Warna dahak bisa menjadi petanda kondisi tubuh seseorang. Mulai dari dahak bening hingga cokelat. Semuanya memiliki arti berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Warna dahak yang keluar saat kita batuk bisa menjadi petanda patogen apa yang sedang menyerang tubuh. Selain itu, jika yang keluar jumlahnya banyak, kemungkinan ada infeksi yang sedang berkembang di dalam tubuh kita.

Sebenarnya, pada saat tubuh sedang sehat juga memproduksi dahak sekitar 1-1,5 liter. "Saat sehat biasanya warnanya bening dan jumlahnya tidak banyak," kata dokter spesialis paru di The Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat, Matthew Exline.

Lalu, bila warna dahak tidak bening, apa artinya? Berikut pemaparan Matthew seperti dikutip dari situs Medical Daily, Kamis (16/3/2017).

1. Dahak warna putih atau agak keabu-abuan

Saat batuk lalu muncul dahak berwarna putih atau abu-abu merupakan indikasai infeksi saluran pernapasan atau masalah sinus.

Khusus pada warna dahak yang abu-abu usai batuk, itu merupakan tanda tubuh sedang berusaha menyingkarkan tar yang terakumulasi akibat merokok berlebihan atau menghirup polutan seperti asap atau debu.

2. Dahak warna kuning gelap atau hijau

Saat dahak yang keluar itu kuning gelap mungkin merupakan tanda adanya infeksi virus ata bakteri, infeksi sinus, atau infeksi saluran pernapasan bawah.

Biasanya, hal ini terjadi ketika sistem imunitas tubuh mengirim sel darah putih ke daerah yang terinfeksi. Lalu, sel-sel ini mengandung protein hijau, bila jumlahnya banyak membuat dahak jadi berwarna hijau.

Namun studi di 2011 yang terbit dalam European Respiratory Journal mengemukakan, dahak yang berwarna kuning atau hijau tidak selalu menandakan infeksi. "Berlawanan dengan apa yang diyakini selama ini, dahak warna kehijauan tidak selalu berarti ada infeksi bakteri," kata Exline.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berwarna cokelat dan merah

3. Dahak warna kecoklatan

Bagi Anda yang merokok, biasanya sering mengeluarkan dahak berwara cokelat. Warna ini merupakan kombinasi antara resin, tar, dan partikel lain yang ada di rokok yang kemudian coba untuk dikeluarkan tubuh seperti dikatakan Exline.

4. Dahak warna merah muda

Saat dahak berwarna merah muda merupakan indikator adanya edema paru atau masuknya cairan di dalam paru. Warna dahak merah muda juga sebagai tanda hadirnya darah dalam dahak dalam jumlah relatif sedikit.

Bila dahak warna merah muda ini disertai busa, bisa jadi ada masalah jantung pada orang tersebut menurut UK’s National Health Service.

5. Dahak berdarah

Saat Anda mengeluarkan dahak lalu ada darah dalamnya bisa menjadi beberapa tanda penyakit. Mulai dari bronkitis, pneumonia, emboli paru, atau TBC seperti diungkapkan dokter Steve Okhravi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini