Sukses

Selain Ada Darah di Feses, Kenali Gejala Lain Kanker Usus Besar

Kehadiran darah di feses merupakan salah satu gejala kanker usus besar atau kolorektal. Tapi ada beberapa gejala lain yang perlu diketahui

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran darah dalam feses merupakan salah satu gejala kanker usus besar atau kolorektal. Selain itu ada beberapa gejala lain yang juga perlu diketahui mengenai masalah di usus besar ini.

Menurut Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Aru Sudoyo, seseorang mengalami kanker pada umumnya mengalami gejala berikut:

1. Berat badan turun secara tidak wajar

2. Rasa lelah yang hebat

3. Ada benjolan yang tidak hilang dalam tubuh

4. Rasa nyeri yang tidak hilang

5. Muncul darah pada waktu tidak terduga

"Lalu pada kasus kanker usus besar, muncul juga kondisi perubahan pada bentuk feses, pola buang air besar yang berubah. Serta muncul darah dalam feses," kata Aru dalam konfrensi pers Bulan Kesadaran Kanker Kolorektal di Jakarta, ditulis Kamis (16/3/2017).

Jika sudah melihat gejala ini, tanpa perlu menunggu waktu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Baik lewat pemeriksaan feses ataupun kolonoskopi sesuai rekomendasi dokter.

Bila kasus kanker usus besar diketahui dalam stadium dini angka harapan hidup dalam lima tahun bisa mencapai 85-95 persen. Jika stadium 2, 60-80 persen. Bila sudah stadium 3 dan 4, harapan hidup dalam lima tahun lebih rendah.

Kanker usus besar merupakan penyakit kanker terbanyak kedua yang diidap pria. Sementara pada wanita berada di posisi ketiga setelah kanker payudara dan serviks seperti mengutip GLOBOCAN 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini