Sukses

8 Masalah Kesehatan Ini Bikin Tubuh Mudah Pusing dan Lelah

Delapan masalah kesehatan berikut ini menyebabkan tubuh mudah lelah dan terserang pusing setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Pusing yang datang tiba-tiba disertai tubuh yang mudah lelah menyebabkan individu kesulitan untuk melakukan pekerjaannya sehari-hari. Kondisi ini rupanya bukan semata-mata terjadi karena Anda memforsir pekerjaan atau kurang tidur saja. Sebab ada kemungkinan Anda tengah mengalami masalah kesehatan berikut ini.

Mengutip laman New Health Advisor, Kamis (16/3/2017) berikut delapan masalah kesehatan yang ditandai dengan pusing dan lelah.

1. Menopause

Fluktuasi hormonal menyebabkan tubuh mudah pusing dan lelah, rupanya ini merupakan gejala umum dari menopause. Hormon yang berubah dapat mempengaruhi sirkulasi dan pembuluh darah sehingga mengakibatkan pusing karena proses fluktuasi darah.

2. Anemia

Anemia atau kondisi penurunan pasokan hemoglobin ke paru-paru dan jantung akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan pusing. Bahkan kekurangan darah merah juga berpotensi membuat seseorang sesak napas.

3. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah (hipotensi ortostatik) menyebabkan penderitanya mudah pusing, lelah, bahkan jatung pingsan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Malnutrisi

Bagi individu yang tidak menjalankan diet seimbang termasuk kekurangan vitamin, mineral, dan kurang makan makanan berserat akan rentan dengan pusing dan kelelahan.

5. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis (CFS) biasanya berlangsung lebih dari enam bulan. Gejala yang ditimbulkan tak lain tak bukan ialah pusing dan tubuh yang mudah lelah disertai dengan nyeri sendi dan otot, juga gangguan konsentrasi.

6. Dehidrasi

Dehidrasi ringan, sedang atau berat, bisa terjadi pada pria dan wanita ini dapat menyebabkan tubuh mudah pusing dan lelah karena asupan cairan yang sangat kurang.

3 dari 3 halaman

7. Gejala flu

Selain merasa pusing dan lelah, gejala utama dari influenza ialah hidung tersumbat, pilek, dan bersin. Namun, jika disertai dengan infeksi telinga bagian dalam (labyrinthitis) biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

8. Stres akut

Stres akut dalam waktu jangka pendek dan panjang akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan pusing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini