Sukses

Begini Cara Tangkis Sakit yang Melanda Saat Stres

Saat stres, tubuh akan mudah terkena penyakit atau mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Untuk mencegahnya cobalah cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Saat dilanda stres, kondisi tubuh seseorang bisa mengalami penurunan drastis. Stres akibat pikiran yang menumpuk bukan hanya menyebabkan sakit kepala, tapi tubuh terancam dengan jenis penyakit lainnya. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Psikiatri dan psikoanalisis, Gail Saltz, dari Universitas Lehigh menjelaskan saat seseorang dilanda stres maka tubuh akan masuk ke fase fight-or-flight. Menurut teori seorang fisiolog, Walter Bradford Cannon, pada fase ini jika individu sedang berhadapan dengan sesuatu ancaman maka tubuhnya akan lebih mudah terangsang.

Saat tubuh lebih mudah terangsang, maka stres akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga memicu gejala sakit kepala, sakit tenggorokan, masalah pencernaan, hingga insomnia.

Untuk mencegah kondisi ini, Saltz menyarankan agar setiap individu menjalankan olahraga teratur khususnya dengan yoga. Selain itu pola diet seimbang dan mendapatkan cukup tidur juga mendukung dalam mencegah tubuh jatuh sakit saat dilanda stres.

"Untuk menangkis pilek dan flu bahkan emosi yang memuncak saat stres, cobalah dengan memperbaiki jam tidur Anda selama seminggu," Saltz menyarankan dikutip dari Men's Health, Rabu (15/3/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini