Sukses

Cara Gampang agar Tidak Mudah Sakit

Tidur bisa menghindari diri dari sakit.

Liputan6.com, Amerika Serikat Studi terbaru menemukan, tidur bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam mencegah flu dan penyakit lainnya.

Nathaniel Watson, seorang ahli saraf dan spesialis tidur di University of Washington School of Medicine, Amerika Serikat beserta timnya melihat apa yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh ketika seseorang kurang tidur.

"Kehilangan waktu tidur hanya satu jam dapat menyebabkan kerusakan sel," kata Watson. Ini bukti yang lebih lanjut, betapa pentingnya tidur bagi kesehatan manusia dan fisiologis.

Para peneliti meneliti 11 pasang kembar identik. Sepasang kembar identik melaporkan, tidur paling sedikit tujuh jam per malam, sementara kembar identik lain tidur kira-kira kurang  dari satu jam per malam.

Sampel darah dari kembar identik juga diteliti pada akhir studi. Sistem kekebalan tubuh kembar identik yang kurang tidur dan kurang aktif dibanding kembar yang punya waktu tidur lebih. Mereka yang kurang tidur memperoleh protein lebih sedikit.

"Mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang bekerja buruk. Tidur yang singkat meningkatkan risiko penyakit," kata Watson, seperti ditulis dari Huffington Post, Selasa (14/3/2017).

Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan tiap orang untuk tidur yang cukup.

"Jika Anda kurang tidur, potensi terserang infeksi bisa berakibat buruk. Sistem kekebalan tubuh menurun sehingga Anda jatuh sakit. Misal, kinerja bisa berkurang seharian, depresi, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan mudah tersinggung," ujar peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.