Sukses

Cek Daftar 10 Makanan yang Bikin Anda Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Bagi seorang teman, renyahnya ayam goreng tepung merupakan salah satu makanan yang membuatnya ketagihan. Baginya, daging ayam yang kering lalu dibalut tepung kering dengan rasa asin yang pas membuatnya ingin lagi dan lagi.

Bikin kulit ayam yang gurih dan nikmat dengan resep lezat ini yuk! (Via: meldmagazine.com.au)

Selain ayam goreng tepung, masih ada beberapa makanan lain yang membuat kita ketagihan sejak gigitan pertama. Menurut peneliti, sebuah makanan bisa membuat ketagihan ketika memiliki kombinasi tepat dari karbohidrat serta lemak. Komposisi ini membuat gula darah meningkat yang kemudian memberi kode ke otak sebuah perasaan menyenangkan sehingga ingin makanan tersebut lagi dan lagi.

Seorang peneliti bidang neurosains, asal Amerika Serikat, Nicole Avena pun melakukan studi untuk mengetahui makanan apa saja yang membuat ketagihan banyak orang. Hasilnya, makanan yang membuat ketagihan itu cenderung makanan yang diproses dengan tinggi gula dan lemak.

Berikut daftar 10 makanan yang bikin ketagihan berdasarkan riset yang dilakukan Avena mengutip Time, Selasa (14/3/2017). Mungkin beberapa diantaranya makanan yang membuat Anda ketagihan.

1. Pizza

Saat ada sajian pizza di kantor, banyak orang langsung berebutan untuk mengambilnya. Makanan yang satu ini memang digemari banyak orang. Taburan keju, daging asap, daging ayam di atas adonan tepung membuat pizza begitu disukai.

"Bila ingin lebih sehat, gunakan bahan-bahan segar. Jika membuat di rumah bis amembuat dengan resep sehat seperti bunga kol," kata Avena.

Cokelat (Joe Raedle/Getty Images/AFP)

2. Cokelat

Cokelat susu merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. "Cokelat susu itu kaya lemak, jika ingin menekan asupan cokelat coba untuk mengonsumsi cokelat hitam," kata Avena.

Rasa cokelat hitam memang pahit di awal, tapi rasa cokelat susu sebenarnya terlalu manis.

3. Kue kering

Menghindari untuk makan kue-kue lezat amat sulit. Jika sudah makan kue sagu, nastar, atau chocochips tak bisa cuma satu keping, tapi berkeping-keping. Padahal kue-kue tersebut tinggi gula.

"Jika ingin lebih sehat, Anda bisa mengontrol kadar gula di dalamnya. Kue cokelat walnut oatmeal merupakan lebih baik bikin sendiri dibanding beli di toko," kata Avena.

1 dari 3 halaman

Es krim

4. Keripik kentang

Anda termasuk penggemar makanan yang satu ini? Tidak mengejutkan jika Anda amat sukai keripik kentang. Makanan ini termasuk tinggi garam dan gurih, sehingga mampu memberikan rasa senang dengan segera.

Namun, ada baiknya untuk membaasi asupan keripik kentang. Lalu, pilih yang rendah garam.

Siapa sangka, pilihan rasa es krim favorit sedikit banyak ternyata menggambarkan kepribadian Anda. (Sumber: Reader's Digest)

5. Es krim

Makanan dingin dengan rasa manis membuat es krim digila-gilai banyak orang. Padahal makanan ini tinggi lemak. "Kunci untuk menekan makanan es krim adalah untuk membeli dalam porsi kecil," kata Avena.

6. Cake

Blackforest cake atau red velvet cake mampu meruntuhkan diet banyak orang. Ya, makanan ini salah satu yang membuat ketagihan. Jika Anda termasuk yang menggilai cake coba berlatih untuk mengatakan tidak saat ada banyak cake di hadapan seperti disarankan Avena.

7. Kentang goreng

Dimanapun tempatnya, kentang goreng selalu jadi makanan yang nikmat di lidah. Rasa asin serta lembutnya kentang ditambah cocolan saus sukses membuat kita menikmati makanan ini.

2 dari 3 halaman

Cheeseburger

8. Cheeseburger

Di beberapa gerai cepat saji menjual cheeseburger dalam porsi besar. Tentu saja ini membuat makanan ini jadi makin tinggi lemak jenuh dan lemak. "Jika terlalu banyak makan burger tidak akan membuat lingkar pinggang bertambah, tapi juga asupan daging merah meningkatkan risiko kanker usus, gagal ginjal, diabetes tipe 2," kata Avena.

9. Sereal sarapan

Beberapa sereal kesukaan ditambah dengan susu amat disukai. Sayangnya, beberapa sereal tinggi gula dan rendah serat.

10. Ayamg goreng tepung

Bukan ayam yang membuat Anda jadi ketagihan makan ayam. Melainkan kerenyahan, tinggi lemak, asin, dan digoreng yang membuat ayam goreng tepung bisa membuat ketagihan.

Makanan cepat saji juga menjadi makanan yang banyak diburu usai Ramadan. Ayam goreng biasanya menjadi pilihan utama. (Istimewa)

"Jika terus ketagihan ayam goreng tepuh, coba untuk memasak sendiri dengan memanggangnya untuk menekan keinginan untuk makan," kata Avena.

 

Artikel Selanjutnya
Jangan Pakai Mainan Seks yang Terbuat dari Kedua Bahan Ini
Artikel Selanjutnya
5 Kuliner Sehat Khas Jakarta yang Perlu Kamu Tahu