Sukses

Asupan 5 Makanan Ini Bantu Hindari Makan Berlebih

Liputan6.com, Jakarta Nafsu makan berlebih kerap menyulitkan kita, terutama ketika sedang mencoba menurunkan berat badan maupun jika sedang berusaha menjaga berat badan ideal. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menekan nafsu makan tersebut?

Untungnya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda tidak perlu melakukan diet yang berlebih hingga kelaparan.

Berikut ini adalah lima jenis makanan dan minuman tersebut seperti dilansir dari Thelist, Senin (13/3/2015):

1. Pentingnya asupan protein

“Asupan protein sangat penting bagi tubuh Anda. karena berbagai alasan, antara lain protein dapat membantu Anda dalam membentuk otot serta meningkatkan perasaan kenyang. Saya merekomendasikan agar asupan protein harus sekitar 20-30 persen dari total asupan harian kalori Anda,” ujar seorang pelatih fitnes dari Amerika Serikat, Myke Collazo.

Collazo juga menyarankan agar tidak melewatkan waktu sarapan, apalagi jika makanan tersebut mengandung protein.

“Daging sapi tanpa lemak, daging ayam, kacang-kacangan, dan telur, merupakan makanan penting tinggi protein yang dapat membantu Anda merasa lebih kenyang," ujarnya.

2. Makanan berserat

Serat dapat membuat Anda merasa lebih kenyang walaupun tidak makan banyak. Salah satu makanan tinggi serat ialah wheat bran, demikian juga dengan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Ketiganya pun rendah kalori.

Namun, hati-hati jika Anda tidak minum cukup air putih saat sedang meningkatkan asupan serat dalam tubuh. Asupan tingkat serat yang tinggi tanpa air putih yang cukup dapat menyumbat saluran pencernaan sehingga menyebabkan kram dan sakit perut.

3. Apel dapat mengusir rasa lapar

Studi menunjukkan bahwa pektin dalam buah seperti apel dapat mengurangi jumlah gula yang diserap ke dalam aliran darah. Dengan demikian buah ini dapat membantu menghindari lonjakan gula darah yang bisa membuat Anda ingin makan berlebih.

4. Kopi

Minuman kopi, terutama jenis yang tanpa kafein, telah terbukti bisa sedikit membantu mengurangi rasa lapar dan nafsu makan karena meningkatkan hormon yang disebut peptida YY (PPY). Namun, bagi Anda yang memiliki masalah lambung sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter. 

5. Minum air putih sebelum makan

Cara terbaik untuk mempersiapkan tubuh Anda sebelum makan, ialah dengan meminum air putih terlebih dahulu. Studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang minum air putih setidaknya 1 gelas sebelum makan, akan makan dengan jumlah yang lebih sedikit (22 persen lebih sedikit), dibandingkan mereka yang tidak minum air putih sebelum makan.

Artikel Selanjutnya
Lakukan 6 Perubahan Pola Makan Berikut Sebelum Hari Pernikahan
Artikel Selanjutnya
Makanan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh