Sukses

6 Cara Terbaik Makan Buah agar Tubuh Dapatkan Vitaminnya

Liputan6.com, Jakarta Buah kaya dengan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Ada beberapa cara yang mungkin Anda lakukan saat makan buah. Ada yang lebih suka makan buah sebelum atau setelah makan. Dari segi waktu juga berbeda-beda. Ada yang lebih suka makan buah siang atau malam.

Namun, buah akan terasa lebih bermanfaat dan kandungan vitamin lebih banyak diserap tubuh bila Anda mengetahui bagaimana dan kapan waktu terbaik mengonsumsi buah. Dilansir dari laman Asianet India, Senin (13/3/2017), berikut cara terbaik untuk makan buah-buahan.

1.  Buah harus dimakan saat perut kosong

Pada dasarnya, ketika Anda makan buah-buahan, tubuh menciptakan enzim untuk mencerna nutrisi. Jika Anda makan buah saat perut kosong, tubuh Anda membutuhkan sedikit waktu untuk mencerna, sehingga nutrisi dapat diserap dengan mudah.

2. Hindari makan buah setelah makan besar

Jika Anda ingin makan buah setelah makan besar, sebaiknya makan buah selang 2-3 jam kemudian. Makan buah setelah makan besar membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

Hal itu menyebabkan fermentasi dalam perut dan menciptakan masalah, seperti gangguan pencernaan dan bersendawa.

3. Waktu yang tepat

Ahli gizi menyarankan, Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat vitamin dan nutrisi buah saat perut kosong di pagi hari. Jika tidak, makan buah-buahan antara sarapan dan makan siang.

1 dari 2 halaman

Cara makan buah

4. Cara makan buah

Jika Anda sedang diet, buah-buahan dalam bentuk salad sangat baik pada saat makan siang  dengan yogurt dan garam. Tapi jika Anda memiliki masalah seperti keasaman, cobalah untuk menghindarinya.

5. Smoothies bisa menjadi pilihan baik

Ketika anak sulit untuk membuat mereka makan buah-buahan. Anda bisa membuat smoothie.

Minuman berwarna-warni dan lezat akan menjadi daya tarik dan anak-anak bisa memeroleh semua manfaat dari buah-buahan.

6. Makan buah pada pagi hari atau camilan siang

Manfaat buah-buahan tidak terbatas. Jika Anda membawa buah dalam proporsi yang tepat juga pada waktu yang tepat, tubuh Anda akan memeroleh energi. Anda juga akan aktif dalam jangka panjang.

Makanlah buah pada pagi hari setelah minum segelas air atau sebagai camilan siang hari. Warna-warni buah, terutama buah-buahan berair, selalu membantu untuk menjaga fungsi tubuh.

Sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit mematikan seperti kanker juga akan meningkat.

Artikel Selanjutnya
Penderita Rematik, Sebaiknya Banyak Makan Ikan
Artikel Selanjutnya
Peroleh Perut Rata Tanpa Olahraga dan Diet