Sukses

10 Fakta Soal Kerja Otak yang Bikin Tercengang

Otak bekerja keras untuk membangun tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Otak ternyata begitu menakjubkan. Kinerja otak dapat membantu Anda mencapai puncak keinginan apapun. Impian yang paling berharga bisa menjadi kenyataan dan  pencapaian tujuan yang paling rumit dapat terwujud.

Namun, Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu dan memahami bagaimana otak bekerja.

1. Bagi otak, tidak ada perbedaan antara realitas dan imajinasi.

Otak kita ternyata sulit membedakan fakta dari sebuah fantasi. Ini sebabnya mengapa setiap orang bisa lebih mengingat peristiwa masa lalu yang menyenangkan dan tubuh mengenali plasebo sebagai produk farmasi yang nyata.

2. Otak tidak akan merasa lelah.

Perasaan lelah biasanya berasal dari emosi diri sendiri. Namun hal ini tidak akan membuat otak lelah. 

3. Pada umumnya, otak bekerja secara otomatis.

Sesuai dilansir dari Brightside, Jumat (10/3/2017), setengah pengalaman Anda hari ini merupakan buah pikiran yang ada kemarin. Maka itu sulit bagi Si pesimis untuk mengubah persepsi mereka tentang dunia. Mereka perlu "membersihkan" otak mereka dan membuat hal-hal positif lebih sering.

4. Kita bisa melihat apa yang kita pikirkan.

Jika Anda bermimpi soal perjalanan ke Paris, Anda akan mengingat kota ini di mana-mana. Jika ingin mengubah dunia di sekitar Anda, ubahlah pikiran Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh latihan

5. Otak membutuhkan latihan layaknya otot.

Otak tidak berbeda dari otot. Otak juga perlu diberikan pelatihan. Anda bisa melatih otak dengan menghirup udara segar, makan sehat, tidur nyenyak, bepergian ke tempat-tempat baru, melakukan kegiatan baru, membuat catatan, atau menari. Pada intinya, semua latihan berguna untuk otak.

6. Otak tidak pernah istirahat.

Bahkan ketika Anda tidur, otak terus bekerja keras. Aktivitas otak saat tidur bahkan lebih tinggi daripada siang hari.

7. Mematikan otak dari waktu ke waktu itu sangat penting.

Agar tidak tenggelam dalam pikiran negatif, Anda perlu "menutup diri" demi memberikan istirahat terhadap sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa Anda harus istirahat berupa relaksasi.

3 dari 3 halaman

Melupakan memori

8. Melupakan sesuatu bisa menjaga fleksibilitas sistem saraf.

Untuk menyimpan kenangan baru, otak perlu menyingkirkan kenangan yang lama. Akan lebih baik, jika Anda mampu memutuskan apa yang harus diingat dan apa yang lupa. 

9. Otak tidak peka terhadap rasa sakit.

Otak bereaksi terhadap rasa sakit tapi tidak bisa merasakannya. 

10. Kita bisa mengubah otak.

Tiap jenis aktivitas membuat otak menghasilkan koneksi saraf baru. Jika Anda berpikir "Saya akan berhasil," otak bisa memberikan kesempatan untuk mewujudkan tujuan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini