Sukses

4 Cara Latih Otak untuk Kencan dan Seks Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merasa sulit untuk berkencan atau melakukan hubungan seks dengan pasangan, beberapa cara ini mungkin akan membantu.

Psikolog Elizabeth Cohen, Ph.D mengatakan, ada cara untuk membantu orang-orang seperti Anda. Ia sendiri menggunakan terapi perilaku selama 15 tahun. Terapi ini sebenarnya dilakukan jika pasien mengalami masalah kecemasan, mengidentifikasi pikiran yang lebih destruktif, hingga mengoreksi apa yang salah dengan diri mereka.

"Banyak lajang yang menganggap kalau teman kencannya akan menolak untuk dijadikan kekasih. Hal ini dijadikan pengalaman pahit sehingga asumsi negatif seperti ini disebut bias kognitif, dan akhirnya mereka cenderung mengalihkan perhatiannya," kata Cohen, seperti dikutip Nypost, Jumat (10/3/2017).

Selain terapi, Cohen menyebut beberapa tips untuk melatih otak agar kita tetap positif dan mendapatkan hubungan lebih baik, seperti:

1. Tahu apa yang Anda inginkan

Pikirkan kencan seperti wawancara kerja. Penting untuk mempertimbangkan apakah orang tersebut adalah seseorang yang ingin Anda ajak hidup bersama di masa depan.

"Mengetahui tujuan perilaku dan emosional Anda adalah langkah pertama dari terapi perilaku kognitif, karena Anda perlu mengidentifikasi perilaku," kata Cohen.

2. Bernapas sebelum Anda mengirim pesan

Sebelum Anda mengirim pesan, pertimbangkan apa yang Anda ingin bicarakan dengan calon pasangan--bukannya memprediksi apa yang akan dia katakan kembali.

3. Keluar dari zona nyaman

Bila Anda sudah bisa berkomunikasi dengannya, coba perhatikan berapa kali Anda menilai, mengevaluasi, mempertanyakan atau mengkritik dia di kepala Anda sendiri. Ketika Anda melakukan ini, Anda bisa jadi tidak nyaman dengannya.

"Mencairkan suasana dengan orang lain memang perlu. Namun Anda juga diharapkan ada untuk orang tersebut, karena pasangan itu saling melengkapi dan tidak ingin kehilangan," kata Cohen. Jadi bila Anda masih berpikir semua hal mengenai diri sendiri, sebaiknya coba berkomunikasi lagi.

4. Berikan kesempatan untuk mengenal orang lain tidak hanya sekali

Terutama apabila Anda mengenal seseorang melalui aplikasi kencan. Biasanya orang-orang cenderung memutuskan kepribadian orang lain di kencan pertama.

"Tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang cocok bila Anda tidak cukup tahu tentang mereka. Bagaimanapun, Anda butuh informasi lebih lanjut," kata Cohen.

Artikel Selanjutnya
Cara Tetap Optimis Walau Belum Bertemu Belahan Jiwa
Artikel Selanjutnya
Menyukai Seorang Pria? Ini Cara Terbaik Mendekatinya