Sukses

4 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Setop Makan Daging

Berikut ini adalah hal-hal yang akan terjadi jika Anda berhenti mengonsumsi daging.

Liputan6.com, Jakarta Menghilangkan daging dari menu makanan sehari-hari, mungkin akan sedikit sulit jika Anda menyukainya. Namun tahukah Anda, berhenti mengonsumsi daging akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Seperti misalnya faktor risiko penyakit tertentu bisa berkurang, hingga jangka hidup Anda secara potensial bisa meningkat.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini adalah hal-hal yang akan terjadi jika Anda berhenti mengonsumsi daging atau setidaknya mengurangi jumlah mereka dalam menu makanan Anda sehari-hari, seperti dilansir dari Thelist, Jumat (10/3/2017):

1. Berat badan bisa turun

Menurut Dr. Neal Bernard di George Washington University, rata-rata orang yang mengubah menu makanannya menjadi berbasis sayuran, kehilangan berat badan sekitar 10 pound dalam rentang waktu sekitar 44 minggu.

“Pesan yang dapat dibawa ialah diet nabati dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan tanpa perlu menghitung kalori dan tanpa meningkatkan latihan rutin Anda,” ujar Dr. Bernard.

2. Kulit lebih sehat

Vitamin-vitamin yang terdapat dalam buah dan sayuran, terkenal dapat melawan radikal bebas yang sering menyebabkan noda kulit. Beberapa makanan yang telah terbukti memiliki tingkat antioksidan yang tinggi ialah buah beri, ceri, jeruk, plum, dan zaitun.

3. Risiko kanker dapat berkurang

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention, setidaknya 30 persen kasus kanker telah dikaitkan dengan kebiasaan makan kita sehari-hari.

Para pasien dalam studi tersebut menunjukkan bahwa vegetarian yang senang minum susu dan makan telur cenderung memiliki risiko lebih rendah mengembangkan penyakit kanker dibanding dengan mereka yang makan daging. Hal ini bisa terjadi karena tubuh vegetarian mendapat antioksidan yang terkandung dalam makanan nabati.

4. Risiko penyakit kronis berkurang

Para peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI), telah menemukan bahwa orang-orang yang memilih untuk menghilangkan dagng dari menu makanannya, mengalami penurunan kadar kolestrol secara signifikan yang akhirnya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah perifer, stroke, hipertensi, obesitas, peradangan kronis (arthritis, asma, dan gangguan degeneratif lainnya), serta diabetes tipe 2.

Namun, walaupun menjadi seseorang yang vegetarian memang bisa memberikan banyak hal pada tubuh, tetapi Anda juga harus melakukannya secara cerdas dan bijak.

Jika Anda ingin mengurangi atau menghilangkan daging dari makanan Anda, maka diperlukan sejumlah protein lain untuk memenuhi nutirisi yang dibutuhkan tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini