Sukses

Darah Menstruasi Seperti Berwarna Pink, Normalkah?

Setiap warna darah menstruasi tersebut dapat memberitahu banyak hal mengenai kesehatan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Darah menstruasi yang dikeluarkan tubuh terkadang bisa memiliki warna yang berbeda-beda. Bahkan setiap warna darah tersebut dapat memberitahu banyak hal mengenai kesehatan wanita, seperti temuan penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists.

Lalu bagaimana jika darah haid berwarna sedikit pink?

“Jika darah haid yang Anda keluarkan sedikit berwarna pink, Anda mungkin memiliki tingkat estrogen yang rendah. Terutama jika hal tersebut disertai dengan aliran darah yang lebih ringan dari biasanya, atau jika Anda gemar berolahraga lari,” ujar seorang praktisi medis yang berbasis di New York, Margaret Romero, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Jumat (10/3/2017).

Bahkan studi juga telah menemukan, aktivitas olahraga yang berlebihan dapat menurunkan kadar estrogen yang kemudian bisa mengacaukan siklus haid Anda, dan terkadang bisa menyebabkan berhentinya siklus tersebut.

Namun bukan itu saja masalahnya, kadar estrogen yang rendah dapat meningkatkan risiko osteoporosis jika tidak ditangani.

Jadi, jika misalnya baru-baru ini Anda sedang melakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi dari biasanya, kemudian Anda sadar tiba-tiba darah menstruasi berwarna lebih terang dan alirannya lebih sedikit dari biasanya, lebih baik segera bicarakan hal ini dengan dokter Anda.

“Penyebab potensial lainnya dari darah menstruasi yang berwarna sedikit pink, bisa karena gizi yang buruk, polikistik ovarium sindrom (PCOS). Atau pun karena Anda menginjak pramenopause, yaitu ketika ovarium Anda mulai memproduksi sedikit estrogen sebagai persiapan untuk memasuki masa menopause (umumnya terjadi sekitar empat sampai lima tahun sebelum menopause),” ujar Romero.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.