Sukses

Makan Pisang Sambil Minum Obat Ternyata Bisa Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Ada makanan yang memiliki efek buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu. Misal, makanan sehat yang baik dimakan untuk menghentikan tekanan darah dapat menyebabkan overdosis bahkan lebih buruk jika Anda sedang mengonsumsi suatu obat.

Dilansir dari laman Stat News, Kamis (9/3/2017), ada empat makanan yang dimakan dapat berpengaruh besar terhadap obat ikut dikonsumsi.

Jeruk bali (grapefruit)

Jika Anda makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali, buah ini berpengaruh terhadap beberapa obat, termasuk statin (obat menurunkan kolesterol), beta blocker (mengobati penyakit jantung dan mengatur tekanan darah), obat penekan kekebalan tubuh, psikotropika, dan anestesi tertentu.

Jus jeruk bali mengandung senyawa, yang disebut furanocoumarins--bagian alami dari mekanisme pertahanan pada tanaman. Furanocoumarins dapat memblokir efek enzim dalam hati dan usus kecil yang menonaktifkan efek obat-obatan dan bahan kimia asing lainnya.

Obat ini bekerja aktif lebih lama dari yang diperkirakan orang dan bisa berujung orang tersebut mengalami overdosis. Senyawa lain dalam jus jeruk bali tampaknya mengacaukan molekul transportasi permukaan sel tertentu sehingga berpotensi menghalangi obat untuk masuk atau keluar sel.

Kubis

Kubis kaya dengan vitamin K untuk membantu pembekuan darah. Tetapi jika Anda mengonsumsi warfarin (obat yang mencegah pembekuan darah) pengencer darah karena mengalami serangan jantung, penyumbatan arteri, atau ketidakaturan detak jantung.

Anda harus berhati-hati tidak berlebihan makan kubis dan daun kol seperti kubis Brussel dan brokoli. Warfarin mencegah tubuh dari efek penggunaan vitamin K terhadap pembekuan darah.

Namun, kelebihan vitamin K mungkin berasal dari makan salad kubis yang bisa membuat warfarin jauh lebih sulit berefek pada tubuh.

1 dari 2 halaman

Keju

Keju

Begitu  banyak varietas keju yang tersebar. Produk susu ini dapat berpengaruh langsung terhadap beberapa jenis obat. Tapi keju yang sudah berumur (tua), sebaiknya hindari dikonsumsi jika Anda mengonsumsi monoamine oxidase inhibitor (obat kelompok antidepresan).

Fermentasi, pengawetan, dan makanan yang sudah berumur sering dikemas dengan tyramine--bahan kimia yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. MAOIs (monoamine oxidas), enzim untuk metabolisme akan memblokir pemecahan tyramine.

Efek selanjutnya, orang yang berhenti minum MAOIs diminta menghindari makanan kaya tyramine hingga beberapa minggu setelahnya.

Pisang

Buah ini kaya akan kalium untuk detak jantung dan gerakan neurotransmitter (otot saraf). Ion kalium berhubungan dengan saluran dan pori-pori pada membran sel yang memungkinkan hal-hal lain masuk dan keluar dari sel.

Bagi orang dengan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi obat yang dikenal sebagai inhibitor ACE (angiotensin-converting enzim), yang menghalangi perubahan molekul aktif terhadap penyempitan pembuluh darah.

Obat akan memberikan efek samping berupa penumpukan kalium. Makanan seperti pisang dan kubis--keduanya tinggi kalium--dapat membuat penumpukan kalium lebih buruk.

Artikel Selanjutnya
4 Makanan yang Ampuh Melawan Insomnia
Artikel Selanjutnya
Waspada, 4 Makanan Ini Tinggi Kolesterol