Sukses

Cara Mudah Bangun Pagi Tanpa Bantuan Alarm

Bangun pagi bagi sebagian orang terasa begitu sulit dilakukan sehingga memerlukan bantuan alarm.

Liputan6.com, Jakarta Bangun pagi bagi sebagian orang terasa begitu sulit dilakukan sehingga memerlukan bantuan alarm. Suara alarm yang memekakkan telinga mungkin saja membantu Anda segera bangun dari tidur. Namun, umumnya alih-alih bangun dengan tubuh segar, Anda malah merasa grogi dan tak bersemangat, berharap bisa kembali meraih bantal dan melanjutkan tidur. Sebaliknya, ketika Anda terbangun secara alami di pagi hari, Anda cenderung merasa segar, terjaga, dan sangat siap menyambut hari.

Sayangnya, tak setiap hari Anda bisa bangun pagi secara alami seperti ini, bukan? Melansir laman Sleep.org, Kamis (9/3/2017), sebetulnya Anda bisa melatih diri bangun pagi tanpa bantuan alarm. Kuncinya yaitu dengan memahami bagaimana menggunakan ritme sirkadian tubuh.

Ritme sirkadian tubuhlah yang membuat Anda merasa terjaga atau mengantuk. Semuanya itu terkait dengan waktu. Ketika Anda membiarkan ritme sirkadian tubuh membangunkan Anda secara alami, Anda akan merasa terjaga karena tubuh telah berhenti tidur. Namun ketika alarm memaksa Anda terjaga sebelum tubuh siap, Anda tentu merasa grogi dan tidak nyaman karena bunyi alarm mengganggu kondisi tidur nyenyak Anda. Jadi bagaimana caranya berhenti bangun pagi dengan bantuan alarm?

Anda perlu menciptakan kebiasaan baru yang membuat ritme sirkadian tubuh konsisten. Bila Anda biasa tidur malam pada jam tertentu, sebelum tidur katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan bangun pagi pada jam tertentu.

Ya, Anda bisa melatih tubuh bangun pada waktu yang tepat. Namun perlu diketahui, hal ini kecil kemungkinan berhasil bila tubuh terlalu lelah. Anda tak akan berhasil melatih ritme sirkadian tubuh bila Anda tak mendapatkan kecukupan tidur.

Jadi, langkah awal yang perlu dicermati adalah memastikan berapa lama waktu tidur malam yang Anda perlukan. Setelah itu pastikan jam tidur malam Anda. Anda pun bisa perlahan mengubah kebiasaan tidur larut dengan memajukan jam tidur. Misalnya Anda terbiasa tidur sekitar pukul 23.00, coba majukan 15 menit pada satu malam. Lalu majukan lagi menjadi pukul 22.30 di minggu berikutnya. Perubahan perlahan ini memberi waktu bagi tubuh untuk membiasakan pada jadwal baru sehingga Anda tak kesulitan untuk segera lelap di malam hari.

Anda pun bisa membantu diri lebih mudah tidur di malam hari dengan meredupkan lampu kamar, mematikan alat elektronik, dan membuat tubuh lebih santai dengan membaca, meditasi, atau mandi air hangat. Kemudian, membiarkan secercah sinar matahari menyelinap ke kamar pun ampuh membantu Anda bangun pagi secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini