Sukses

Pekerjaan Rumah Bisa Dijadikan Olahraga yang Bakar Banyak Kalori

Liputan6.com, Jakarta Melakukan olahraga tidak selalu harus melibatkan tempat di luar rumah. Biasanya, sejumlah orang memilih ke gym atau di jogging track ketika ingin berolahraga.

Padahal olahraga di rumah juga dapat menawarkan beragam kemudahan sehingga kita selalu dapat bergerak secara aktif serta sehat. Uniknya, para ahli fitness dan ahli diet mengungkapkan bahwa pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah dapat termasuk dalam kegiatan olahraga ringan.

"Jika wanita lebih sering menghabiskan dua setengah jam waktunya untuk membersihkan dan merapikan rumah, besar sekali peluang yang bisa digunakan untuk mendapat latihan cukup tanpa harus meninggalkan rumah" ujar Juliette Kellow, konsultan Diet dari Weight Loss Resources

Bedasarkan Physical Activity Guidelines for Americans, orang dewasa membutuhkan setidaknya aktivitas fisik minimal selama 150 menit setiap minggu. Hal ini dimaksudkan agar membuat Anda bergerak sehingga meningkatkan dan menjaga kesehatan.

Terutama untuk para ibu rumah tangga yang sebagian besar waktu digunakan untuk mengurus keperluan rumah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena membersihkan rumah secara rutin juga dapat membakar kalori.

"Pergerakan apapun dapat menambah kalori yang terbakar. Jadi, pekerjaan di rumah dapat diperhitungkan sebagai kegiatan olahraga," ujar ahli nutrisi dan ahli diet Dr. Robert Wildman, Ph.D dari Ohio State University.

Membersihkan rumah dapat menjadi olahraga ataupun latihan yang meyenangkan. Selain membuat rumah rapi, Anda juga berusaha untuk bergerak. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda berdiam diri atau tidak bergerak sama sekali.

Menurut Kellow, dengan menyapu dapat membakar sekitar 173 kalori per jam. Mengepel lantai membakar 193 kalori, mencuci mobil dapat membakar 234 kalori per jamnya. Dan banyak kegiatan di rumah lainnya yang dapat membakar lebih dari 100 kalori.

Hanya saja kegiatan membersihkan rumah seperti ini tidak seluruhnya bisa disamakan dengan olahraga lainnya seperti lari, bersepeda, atau berenang yang sebenarnya dapat membakar kalori lebih banyak.

Namun, pekerjaan rumah yang dilakukan secara rutin jauh lebih baik dibandingkan dengan olahraga berat yang hanya dilakukan di waktu libur.

(Reporter: Aida Tifany)

Artikel Selanjutnya
Selain Kaya Vitamin, Sayuran Segar Mampu Hadirkan Suara Merdu
Artikel Selanjutnya
3 Minuman Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan Dibanding Lemon