Sukses

Hari Perempuan Internasional, Ini Manfaat Sehat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang wanita. Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional 2017 ini, ada baiknya mengetahui lebih dalam seputar periode yang mendatangi wanita setiap bulan ini.

Meski menstruasi yang melanda wanita setiap bulan terasa sakit dan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Namun, menstruasi memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh wanita secara menyeluruh.

Menstruasi rupanya menjadi salah satu bukti bahwa tubuh wanita selalu memproduksi sel-sel baru, sehingga seluruh organ tubuh terus diperbaharui dan berada pada kondisi yang sehat. Selain itu, berikut keuntungan menstruasi bagi kesehatan wanita dikutip dari Women to Women, Rabu (8/3/2017).

1. Ketidakseimbangan hormon

Wanita memang dilahirkan dengan kondisi hormonal yang tidak seimbang. Namun, ini merupakan sebuah keuntungan bagi wanita. Saat produksi hormonnya meningkat, ia bisa bereproduksi dengan optimal. Ketika hormon dalam kondisi seimbang, wanita akan merasa sangat baik, energik, bisa mendapatkan tidur efektif, hingga memiliki hasrat bercinta.

2. Kesehatan tulang

Menstruasi membuat hormon estrogen, progesteron, dan testosteron berada pada tingkat yang stabil. Kondisi ini berpengaruh pada proses pembangunan tulang.

3. Berat badan stabil

Pra-menstruasi, umumnya membuat nafsu makan wanita melonjak. Namun, selama menstruasi berlangsung nafsu makan akan merosot sehingga waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk wanita berdiet agar lemak di tubuh berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini