Sukses

Salah Posisi Saat Angkat Barang Berpotensi Sakit Pinggang

Hati-hati saat mengangkat barang. Pastikan posisi dan geraknya sudah benar agar terhindar dari sakit pinggang

Liputan6.com, Jakarta Sakit pinggang bisa terjadi pada orang yang salah gerak dan posisi ketika mengangkat barang. Namun, banyak orang percaya bahwa mereka tidak punya masalah dengan cara mengangkat barang. Padahal, salah sedikit saja dalam mengangkat dan menurunkan barang, akibatnya bisa sangat fatal untuk tulang belakang terutama pinggang.

Biasanya, hal ini seringkali diabaikan oleh para pekerja.

Dokter spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Muki Partono, mengatakan, banyak penyebab yang bisa menimbulkan sakit pinggang, salah satunya yang sering tidak disadari adalah teknik mengangkat dan memindahkan barang.

"Jika dibiarkan lebih lama dapat berpotensi menjadi saraf kejepit," kata Muki dalam diskusi bersama media "Percutaneous Laser Disc Decompression" di Jakarta, Selasa (7/3/2017) siang.

Penjelasan Muki sejalan dengan data Bureau of Labor Statistic (BLS) yang menyebut, lebih dari satu juta orang pekerja mengalami sakit pinggang setiap tahunnya. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara mengangkat dan menurunkan barang yang benar dan juga aman. Sehingga terhindar dari sakit pinggang.

Berikut cara mengangkat barang yang benar seperti dikutip dari situs Web MD, Kamis (8/3/2017);

1. Pemanasan : Sama halnya seperti olahraga yang mengharuskan pelakunya untuk pemanasan supaya terhindar dari cedera. Kemudian, jaga bagian kaki dalam posisi lebar atau terbuka. Tujuannya agar dapat menopang tubuh Anda saat mulai mengangkat barang. Posisi kaki harus kuat, sama halnya seperti posisi kuda-kuda dalam olahraga karate.

2. Jongkokan badan ke bawah, pastikan Anda membengkokan bagian pinggul dan lutut. Lipat satu kaki di depan dan lipat satu kaki lainnya di lantai, posisi ini biasa disebut half kneeling. Kondisikan posisi badan Anda agar selalu tegak karena dapat meluruskan tulang belakang. Angkat barang secara perlahan sambil meluruskan lutut dan pinggul Anda. Ketika mengangkat barang hindari gerakan memutar.

3. Angkat barang agar tetap dekat dengan bagian perut. Ketika mengganti arah, putar bagian pinggul terlebih dahulu kemudian bahu. Saat menurunkan badan jongkokan badan secara perlahan diikuti dengan bengkokan lutut dan pinggul.

4. Jangan gunakan pinggang Anda untuk mengangkat dan menurunkan barang. Sebagian besar cedera dikarenakan melakukan posisi membungkuk ketika mengambil barang. Posisi membungkuk dapat memberikan tekanan pada pinggang bagian bawah.

5. Konsumsi cairan yang cukup juga dapat mencegah sakit pinggang.

(Reporter: Aida Tifany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sakit pinggang merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering ditemukan sehari-hari dan bisa dialami siapa saja.

    sakit pinggang