Sukses

Waktu Terbaik Minum Kopi Pukul 09.30, Begini Penjelasannya

Menurut studi, sebaiknya kita tidak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Tentu, sebagian orang menganggap, waktu terbaik minum kopi itu tergantung dari kapan ia bangun di pagi hari. Padahal, menurut studi, sebaiknya kita tidak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Kenapa?

Seorang neuropsikolog dan ahli dalam chronopharmacology (ilmu yang menganalisis interaksi antara ritme biologis yang berbeda dari tubuh manusia dan obat-obatan), Steven Miller, menerbitkan beberapa studi di blog ilmiah NeuroscienceDC. Ia menjelaskan bahwa kopi tidak memberikan manfaat saat dikonsumsi bangun tidur.

"Alasannya terletak pada ritme sirkadian dan kortisol. Ritme sirkadian merupakan pengontrol kebiasaan tidur yang mengatur kortisol (hormon stres). Keduanya bertugas membuat kita tetap waspada," kata Miller, seperti dilansir Step to Health, Selasa (7/3/2017).

Yang perlu diketahui, kata Miller, saat kita baru bangun tidur, kortisol ini bekerja dengan sendirinya. Bahkan dalam studi berbeda ditemukan, kortisol yang paling aktif berada antara pukul 8 dan 9 di pagi hari.

"Ini sebabnya, minum kopi ketika tingkat kortisol Anda tinggi, hanya akan membuat Anda sakit kepala," katanya. Bahkan pada orang yang memiliki kelebihan berat badan, mereka cenderung merasa lebih cemas dan kelelahan.

Lantas kapan waktu terbaik minum kopi?

Menurut Miller, waktu yang paling disarankan antara satu jam setengah dan dua jam setelah bangun tidur di pagi hari. Idealnya, minum kopi lebih baik pada pukul 9:30-11:30 dan 13:30-17:00.

"Saat itulah kadar kortisol dalam darah ini telah menurun sehingga Anda dapat merasakan manfaat dan nikmatnya kopi," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah bangun tidur sebaiknya sarapan kaya protein dan serat kemudian makan buah atau jus. Setelah itu tunggu dua jam untuk minum kopi agar Anda lebih fokus, produktif dan berenergi saat bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.