Sukses

Agar BAB Lancar, Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Keenam makanan ini bisa Anda konsumsi untuk mengatasi sembelit atau susah BAB

Liputan6.com, Jakarta Sembelit atau susah buang air besar (BAB) bisa disebabkan beberapa hal. Seperti misalnya kurang minum, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau susu, kurang olahraga hingga penggunaan obat tertentu.

Untuk membantu mengatasi sembelit ini, butuh makanan berserat untuk membantu usus bekerja lebih halus dari sebelumnya. Berikut keenam makanan yang bisa Anda konsumsi, seperti dilansir Times of India, Selasa (6/3/2017):

1. Apel

Apel memiliki 4,5 gram serat yang dipercaya ampuh mengatasi kontipasi. Konsumsi satu apel sehari juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Jeruk

Satu buah jeruk mengandung 4 gram serat dan rendah kalori. Kandungan flavanol-nya bekerja aktif untuk membantu proses pencernaan.

3. Popcorn

Ya, ini serius. Semangkuk popcorn mengandung satu gram serat. Bila makanan ini dikonsumsi tanpa rasa, maka camilan ini bisa dibilang rendah kalori.

4. Oats

Semangkuk oats mengandung dua gram serat yang membantu pergerakan usus lebih halus.

5. Flaxseed

Makanan ini mengandung omega 3 dan serat yang bagus untuk pencernaan. Satu sendok penuh flasxseed mengandung 2 gram serat.

6. Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Mengonsumsinya juga baik untuk percernaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Susah BAB

Video Terkini