Sukses

Urutan Tanggal Lahir Ikut Tentukan Kepribadian dan Kesuksesan

Rupanya urutan kelahiran tak hanya berpengaruh pada kecerdasan seseorang melainkan juga kepribadian serta kesuksesannya di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Studi terbaru menunjukkan bahwa urutan kelahiran memengaruhi kecerdasan seseorang. Menurut studi itu, anak pertama lebih cerdas dan miliki IQ lebih tinggi dibandingkan saudara-saudaranya yang lahir kemudian. Alasannya, anak pertama lebih banyak mendapat stimulasi mental pada awal kehidupannya. Sang ibu pun lebih berhati-hati menjaga kandungan ketika hamil anak pertama.

Namun rupanya urutan kelahiran tak hanya berpengaruh pada kecerdasan seseorang melainkan juga kepribadian serta kesuksesannya di masa depan.

Melansir laman Good Housekeeping, Senin (6/3/2017), berikut penjelasan mengenai urutan kelahiran dengan kepribadian dan kesuksesan seseorang.

Anak Bungsu

Sekelompok psikolog menemukan bahwa kepribadian anak bungsu cenderung pemberontak dan lebih berani mengambil risiko untuk bekerja mandiri.

Anak bungsu juga lebih berani terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang berisiko. Penelitian menemukan, akan bungsu lebih mungkin terlibat dalam olahraga berbahaya.

Anak Tengah

Bila Anda terlahir sebagai anak tengah maka hampir bisa dipastikan Anda adalah pribadi yang senang membantu orang lain.

Sebuah studi menunjukkan, anak tengah lebih menunjukkan perilaku prososial, peka terhadap perasaan orang lain, dan akan mendahulukan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

Anak Sulung atau Tunggal

Anda cenderung akan sukses dengan cara yang konvensional. Seorang psikolog menjelaskan bahwa tanpa adanya saudara di dekat Anda, anak sulung atau tunggal akan tumbuh dikelilingi oleh orang dewasa yang lebih cerdas dari dirinya. Sehingga cara terbaik untuk bisa berhubungan dengan para orang dewasa tersebut adalah melalui cara konvensional.

Kepribadian anak sulung atau tunggal pun biasanya menunjukkan kemampuan mereka sebagai pemimpin.

Sejumlah penelitian membuktikan, anak pertama cenderung akan sukses sebagai pemimpin di bidang politik atau CEO. Anak pertama pun lebih percaya diri dan berprestasi di bidang akademis. Kepribadian itu akan menemaninya menaiki tangga kesuksesan di tempat kerja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini