Sukses

Heboh Arab, Ini 5 Makanan Sehat Nan Lezat ala Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta Heboh Arab, begitu yang dikatakan kebanyakan warga Indonesia, sejak kedatangan penguasa Arab, Raja Salman, ke Tanah Air pada 1 Maret 2017 lalu. Banyak hal mengenai Kota Serambi Mekah yang menarik perhatian, mulai dari kecantikan dan ketampanan warganya, gaya hidup, hingga makanan sehat dan minuman khas Arab.

Salah satu makanan khas negeri padang pasir yang sudah dikenal dunia adalah buah kurma. Selain rasanya yang manis, buah berwarna kecoklatan ini memiliki banyak kandungan serat, mineral, dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

TIdak hanya kurma saja wilayah yang dikelilingi padang pasir itu memiliki banyak sumber makanan sehat lainnya, terutama bagi para vegetarian. Seperti dikutip dari Stepfeed.com, Senin (6/3/2017), makanan seperti koshary, falafel, hummus, merupakan beberapa contoh hidangan sehat nan lezat yang dapat dinikmati kapan saja.

Berikut selengkapnya 5 makanan sehat Arab yang dapat dinikmati kapan saja:

1. Falafel

Falafel merupakan jenis makanan sehat yang terbuat dari berbagai jenis sayuran, seperti buncis dan kacang-kacangan lainnya. Makanan berbentuk baso ini tidak hanya populer di negara-negara Timur Tengah, tapi juga di negara-negara Barat.

Santapan tradisional yang merupakan jajanan jalanan di Israel ini dihidangkan dengan cara digoreng, kemudian disantap bersamaan dengan mayonnaise.

1 dari 3 halaman

Koshary dan Hummus

2. Koshary

Makanan satu ini berbahan dasar nasi, kacang-kacangan, dan macaroni. Koshary biasanya disajikan dalam bentuk salad. Namun tak jarang juga santapan sehat yang sering dihidangkan dalam perayaan nasional ini, disajikan dengan menggunakan saus pedas. Bagi para pencinta makanan laut, Anda juga dapat menambahkan kepiting dalam santapan salad Anda.

Makanan sehat yang super lezat ini dapat ditemukan hampir di semua restoran Mesir. Harganya pun tergolong sangat ramah kantong.

3. Hummus

Hummus merupakan makanan khas Timur Tengah yang berasal dari Levant. Makanan ini disajikan dalam bentuk bubur yang dihiasi dengan selai gurih dari kacang Arab giling dan dicampur dengan wijen giling.

Hidangan sehat ini akan lebih nikmat lagi jika disantap menggunakan minyak zaitun dan sari perasan limau.

2 dari 3 halaman

Fattous dan Muhammara

4. Fattous dan tabbouleh

Walaupun tampilannya dapat berbeda-beda di beberapa wilayah Timur Tengah, fattous dan tabbouleh merupakan salah satu santapan salad yang sangat digemari di wilayah Timur Tengah.

Makanan sehat yang pada umumnya dibuat dari timun, lobak, tomat, dan beberapa jenis sayuran lainnya ini, juga banyak digandrungi di beberapa negara lainnya. Hidangan ini akan menjadi semakin nikmat, jika disantap bersama dengan pita bread atau roti pita.

5. Muhammara

Hidangan sehat satu ini berasal dari Suriah. Hummus lebih nikmat jika disajikan pedas. Santapan Timur Tengah ini terbuat dari kacang kenari, paprika, remah roti, dan minyak zaitun. (Lala Kemala)

Artikel Selanjutnya
Cara Cegah Makan Berlebihan di Hari Lebaran
Artikel Selanjutnya
Tips Mudik Aman Bareng si Kecil