Sukses

Penyebab Otot Tak Kunjung Muncul Meski Rutin Latihan Beban

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sudah banyak melakukan latihan angkat beban, baik di gym atau di rumah, agar bisa memiliki badan dan tangan yang berotot. Namun tak peduli seberapa pun Anda berlatih, tetap saja otot tak juga muncul di tubuh Anda. Apa penyebabnya?

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti yang akan dibahas di bawah ini oleh beberapa ahli, dilansir dari Foxnews, Senin (6/3/2017):

1. Lebih banyak melakukan kardio

Latihan kardio memang penting untuk menjaga lemak tubuh agar tetap normal dan juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Namun jika Anda ingin membentuk otot, latihan ini tak akan banyak membantu untuk mencapai tujuan tersebut.

“Setiap komponen latihan, selain kardio, dapat meningkatkan hipertrofi otot (peningkatan ukuran sel-sel otot). Ini karena kardio cenderung membakar kalori dalam tubuh, sehingga cocok untuk mengurangi berat badan, tetapi bukan untuk membangun otot,” ujar seorang ahli fisiologi olahraga dan pelatih di Los Angeles, Michelle Lovitt.

2. Tidak menggunakan beban yang cukup

Jika Anda masih seorang pemula, maka sangat baik jika Anda menggunakan alat beban yang sesuai dengan kekuatan Anda saat itu. Namun jika sudah berlatih berulang kali, maka sudah saatnya untuk meningkatkan berat alat beban yang Anda pakai.

“Untuk membentuk otot, Anda harus memecah jaringan otot dengan menggunakan beban yang cukup berat, yang dapat membuat sedikit robekan mikro di sana. Sehingga ketika mereka memperbaiki kembali jaringannya, maka nantinya otot tersebut akan berbentuk lebih padat, dengan serat yang lebih kuat,” ujar ahli fisiologi olahraga dan seorang profesor ilmu olahraga di Auburn University Montgomery, Michele Olson, PhD.

3. Kurang tidur

Robekan mikro di otot Anda memang merupakan kunci utama untuk membentuk otot, tetapi mereka juga memerlukan istirahat yang cukup agar dapat kembali membangun dan memperbaiki jaringan-jaringannya yang rusak setelah Anda berolahraga, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi lebih kuat. Dan hal ini terjadi pada saat Anda sedang tidur.

“Anda harus beristirahat cukup agar otot dapat berkembang lebih baik, karena jika tidak, Anda akan membuat mereka menjadi lebih lemah,” ujar Olson. 

 

1 dari 2 halaman

Tak konsisten berlatih

4. Tidak konsisten dalam melakukan rutinitas latihan

“Anda harus konsisten dalam melakukan program latihan. Jadi, latih setidaknya setiap kelompok otot di tubuh Anda dua kali seminggu untuk membentuknya,” ujar Lovitt.

Namun jika Anda ingin mengganti latihan yang biasanya sering dilakukan, Olson menyarankan untuk menggantinya dengan latihan squat sumo dan lunge. “Jenis variasi latihan ini bisa sangat efektif untuk membangun otot, tetapi beban yang digunakan harus cukup berat,” ujarnya.

5. Postur tubuh buruk saat melakukan latihan beban

Latihan beban bukan saja hanya bisa mengangat alatnya secara asal-asalan, tetapi Anda juga harus melakukannya secara aman dan tentunya dengan postur tubuh yang tepat. Karena jika Anda tidak melakukannya dengan benar, maka sulit untuk bisa membuat suatu kemajuan.

“Jika Anda tidak yakin mengenai gerakan yang benar, maka lebih baik tanyakan hal ini pada pelatih di sana. Karena jika Anda tidak melatih otot-otot secara benar, maka Anda juga tidak bisa mengharapkan mereka (otot-otot ) untuk tumbuh,” kata seorang terapis fisik di Louisiana Physical Therapy Centers of Pineville, Eric Ingram.

6. Genetik yang Anda miliki kurang mendukung

Genetik dalam tubuh Anda dapat memainkan peran penting dalam hal membangun dan membentuk otot. Secara umum, ada dua jenis serat otot, pertama Tipe 1, mereka lambat dalam membentuk, sedangkan Tipe 2, mereka cepat untuk membentuk. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi apakah Anda lebih mudah atau lebih sulit dalam membangun otot-otot tubuh.

“Serat otot Tipe 2, dua kali lebih tebal daripada Tipe 1, sehingga otot cenderung lebih tebal secara keseluruhan tanpa aktivitas apapun. Orang-orang yang cenderung memiliki lebih banyak jenis serat otot Tipe 2 dalam tubuhnya, dapat meningkatkan ukuran ototnya lebih mudah. Sedangkan orang-orang yang lebih banyak memiliki jenis serat otot Tipe 1, harus lebih bekerja keras dalam melakukan latihan, agar mereka bisa memiliki massa otot,” ujar Lovitt.

Mungkin Anda sudah banyak melakukan latihan angkat beban, baik di gym atau di rumah, agar bisa memiliki badan dan tangan yang berotot. Namun tak peduli seberapa pun Anda berlatih, tetap saja otot tak juga muncul di tubuh Anda. Apa penyebabnya?

 

Artikel Selanjutnya
Lakukan 6 Olahraga Ini Saat Hamil, Proses Persalinan pun Lancar
Artikel Selanjutnya
Olahraga Kecilkan Paha Jadi Sia-sia Karena 5 Kesalahan Ini