Sukses

Bahan Alami Ini Bikin Mata Lebih Sehat dan Jernih

Faktor usia dapat menyebabkan perubahan pada warna bola mata sehingga menjadi warna kekuningan.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang menginginkan bola mata yang lebih jernih seperti bayi. Sayangnya faktor usia dapat menyebabkan perubahan pada warna bola mata sehingga menjadi warna kekuningan.

Warna keruh pada bagian putih mata merupakan tanda Anda terlalu lama terkena sinar ultra violet. Selain itu mata berwarna kuning dapat membuat Anda tampak lebih tua atau terlihat lelah.

Masalah lain dari mata juga munculnya kantung mata serta lingkaran hitam. Dilansir dari Stylecaster, Senin (6/3/2017) berikut ini cara alami untuk menyehatkan mata Anda.

1. Susu Kedelai
"Temperatur yang dingin dari susu kedelai bersama dengan kandungan anti-inflamasi dalam protein dapat menyusutkan pembuluh darah saat terjadi mata merah" ungkap Dr Jessica Wu, ahli dermatologi dari Los Angles.

Kandungan susu kedelai terkenal dapat meningkatkan kesehatan mata karena kaya akan kandungan yang disebut isoflavon genistein. Selain menyehatkan mata, susu kedelai juga dapat menghilangkan mata yang sembab. Anda bisa membasahi sedikit cairan susu kedelai ke dalam kapas lalu tahan di atas mata.

2. Makan wortel
Wortel dinilai memiliki beragam kandungan vitamin. Kandungan vitamin A dan C dalam wortel sangat berguna untuk kesehatan mata. Vitamin C dapat melancarkan peredaran darah dalam pembuluh darah di bagian mata. Bahkan vitamin C dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak. Vitamin A mengandung beta karotin dapat melindungi kornea dan retina pada mata sehingga dapat meningkatkan daya pengelihatan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunyit

3. Kunyit
Dalam kunyit terdapat kandungan bernama curcumin yang baik untuk mata. Curcumin merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat masuk ke dalam mata. Curcumin juga berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga dapat meredakan iritasi dalam mata atau saat mata merah. Selain itu kunyit dan kandungannya dikenal dapat menurunkan risiko penyakit glaukoma. Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air mawar dan gunakan sebagai obat tetes mata.

4. Irisan Kentang
Irisan kentang terkenal dapat menghilangkan mata sembap karena kelelahan atau kurang tidur. Selain menghilangkan mata sembap, irisan kentang juga dapat menghilangkan mata panda. Kandungan vitamin C dan pottasium daat memberikan cairan yang cukup untuk tubuh. Vitamin C sering ditemukan dalam buah beri yang ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Akan lebih baik jika potongan kentang ditaruh di kulkas supaya memberikan efek dingin untuk mata lebih segar.

5. Minyak kelapa
Minyak yang dikenal digunakan untuk berbagai penyakit dan kesehatan kulit ternyata juga bisa digunakan untuk mata. Selain dapat memanjangkan bulu mata, minyak kelapa bisa menghilangkan mata kering dan lingkaran hitam pada area mata. Minyak kelapa bisa digunakan ketika sering menghabiskan waktu berjam-jam di layar komputer yang dapat menyebabkan mata kering. Mata kering juga dapat menyebabkan iritasi, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelumas untuk mata.

Untuk mendapatkan mata lebih terang dan jernih bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun hindari berbagi macam bentuk makanan atau minuman yang mengandung kafein, gula dan berlemak karena dapat menjadi racun untuk hati kemudian dapat berdampak pada warna mata. Kafein juga menjadi sumber utama penyebab kurangnya cairan daam tubuh kurangnya cairan juga dapat berpengaruh dengan kesehatan mata. (Aida Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini