Sukses

Trik Sarapan untuk Turunkan Berat Badan

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak alasan untuk melewatkan sarapan.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan adalah makan yang paling penting dalam satu hari. Melewatkan sarapan akan membuat Anda sulit berkonsentrasi, lemas, dan mengantuk. Tak hanya itu, jika terus dilakukan dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan metabolik. Demikian menurut Dr. Ulul Albab Sp.Og, perwakilan IDI berbicara dalam acara "Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" yang diselenggarakan di Lapangan Hubdam, Tegalega, Bandung.

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, hal ini bukan alasan untuk melewatkan sarapan. Justru, Dr Ulul mengatakan, sarapan sehat dengan nutrisi yang seimbang akan menahan keinginan untuk mencemil seharian.

"Kalau ingin turun berat badan, minum dua gelas air putih dulu sebelum sarapan. Atau bisa juga olahraga dulu sebelum sarapan," saran Dr. Ulul.

Sementara itu, Prof. Dr. Hardinsyah, ketua PERGIZI PANGAN Indonesia yang ditemui di kesempatan yang sama mengatakan, agar tidak lupa makan sayur saat sarapan.

"Kalau sarapan sepiring nasi goreng atau nasi uduk lalu ditambah dengan dua potong timun, itu namanya bukan makan sayur, tapi makan hiasan. Setidaknya harus makan satu buah timun biar seimbang," tukasnya.

Setengah dari piring sarapan Anda harus berisi sayur, menurut Prof Hardi, jika ingin menurunkan berat badan.

"Sayur juga lebih efektif dibanding buah untuk turunkan berat badan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini