Sukses

Sudah Tepatkah Menjadikan Pria Usia Matang Pendamping Hidup?

Liputan6.com, London- Tidak sedikit wanita yang jatuh cinta dengan pria usia matang. Terlebih bagi wanita 30-an tahun, jatuh cinta kepada pria di atas 35 tahun sah-sah saja. Namun, apakah pria ini sosok yang tepat?

Psikolog Tracey Cox, mengingatkan, ada beberapa kriteria yang menunjukkan pria usia matang tersebut sosok yang tepat sebagai teman hidup. Nah, berikut 10 kriteria sosok pria usia matang tersebut seperti mengutip Daily Mail, Minggu (5/3/2017).

1. Memiliki hubungan baik dengan ibunya

Salah satu hal yang perlu wanita ketahui saat sedang dekat pria usia matang adalah hubungannya dengan ibu. Bila ia memiliki hubungan baik dan menghormati ibunya, itu tanda dia juga bakal menghormati wanita lain.

Bila hubungan baik, ketahui juga apakah masih bergantung pada ibunya. Bila ibu masih menanyakan kabar putranya hingga 12 kali sehari, ini artinya sang ibu begitu mengontrol kehidupan pria itu.

2. Pernah memiliki hubungan jangka panjang sebelumnya

"Jika dia berusia 18 tahun, masih besar kemungkinan memiliki hubungan main-main, tapi bila dia sudah 35 tahun belum pernah memiliki hubungan lebih dari enam bulan, ini tanda bahaya," kata Cox.

Menurut Cox, pada saat seorang pria berusia 35 tahun, seharusnya sudah pernah memiliki hubungan serius. Bila belum pernah memiliki hubungan di atas enam bulan, tanyakan alasannya. Komitmen merupakan hal penting dalam sebuah hubungan.

3. Menuntaskan sesuatu yang dimulai

Lihat pekerjaan, studi, proyek yang dilakukan. Apakah semua selesai atau terbengkalai sampai tak selesai? Jika selesai, itu tanda yang baik. Namun, tidak dia tidak bisa menuntaskan atau menyelesaikan hal yang dia mulai, sulit menjadi pasangan yang mampu diberi kepercayaan.

Sosok pria usia matang di atas 35 tahun, bukan lagi yang kehidupannya hanya diisi dengan kebebasan dan spontanitas. Melainkan teliti, mudah dipercaya, penuh pertimbangan, dan dapat diandalkan.

1 dari 3 halaman

Kamar rapi

4. Kamar atau rumahnya rapi

Bila saat mendatangi kamar atau rumahnya berantakan, dan hanya ditinggali oleh dirinya, ini tanda yang kurang baik. Sosok yang seperti ini masih berpikir seperti anak muda bahwa merapikan ruangan bukan tugasnya.

5. Hubungan baik dengan teman lama dan baru

Bila seorang pria tetap memiliki teman baik dalam segala periode hidupnya, ini menunjukkan dia sosok yang dewasa seiring berjalannya usia. "Bila dia teman yang baik, kemungkinan besar bisa menjadi teman hidup yang baik pula," tutur Cox.

6. Mampu menertawakan diri sendiri

Dalam hidup tidak semua yang dilakukan berjalan sempurna, tapi ketika ada kesalahan dan dia mampu menertawakan dirinya sendiri, itu tanda yang baik. Namun bila pria tersebut terlalu serius terkadang bisa memiliki kepercayaan diri rendah.

7. Punya banyak kesamaan

Perbedaan itu membuat kaya sebuah hubungan. Namun cek juga persamaan dengannya. Bila menyukai genre film, makanan hingga pandangan moral dan nilai kehidupan yang sama akan membuat tidak banyak keributan bila bersatu dengannya.

2 dari 3 halaman

Tidak mudah menyalahkan orang lain

8. Tidak mudah marah

Amat menyenangkan bila memiliki pasangan hidup yang tidak marah atau kesal akan hal sepele. Beda halnnya bila dia mudah cemburu, sedih, gelisah. Ini mengindikasikan ketidastabilan emosi seperti disampaikan Cox.

9.Tidak mudah menyalahkan orang lain

Ketika ada sebuah masalah, dia berani bertanggung jawab. Jika pun dirinya yang melakukan kesalahan, ia berani mengakuinya.

10. Realistis soal hubungan

Pria usia matang tentu sudah paham pahit manis kehidupan. Sehingga dia tahu hubungan dengan lawan jenis itu bukan seperti di dongeng yang selalu bahaga.

Artikel Selanjutnya
Batas Usia Perkawinan Perempuan Perlu Dinaikkan
Artikel Selanjutnya
Pernikahan Dini Rentan Renggut Hak Anak Perempuan