Sukses

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Lakukan Seks Karena Rasa Cinta Bukan

Rasakan manfaat kesehatan dari bercinta dengan seseorang yang betul-betul kita cintai.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki era modern, keistimewaan aktivitas seks atau bercinta kian menurun. Seks sebelumnya dianggap sebagai suatu aktivitas yang sakral lantaran mengikat dua jiwa yang betul-betul mencintai satu sama lain. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, seks semakin sering dilakukan bukan karena rasa cinta atau dengan orang yang betul-betul disayang namun berlandaskan hawa nafsu yang tak tertahankan dengan seseorang yang baru saja ditemui atau tidak sama sekali memiliki hubungan asmara dengan orang tersebut.

Seks memang secara umum menyehatkan tubuh dengan membuat seluruh otot bekerja serta memompa jantung agar berfungsi lebih baik. Namun seorang dokter jantung sekaligus penulis buku bertajuk “The Inside Story of Our Body’s Most Important Organ”, Johannes Hinrich von Borstel mengatakan bahwa seks dengan orang yang kita cintai jauh lebih menyehatkan daripada dengan orang yang tak kita cintai.

“Seks pada umumnya menyehatkan jantung. Hubungan seksual ini memicu perilisan hormon yang mana memiliki efek memberikan perlindungan terhadap sistem kardiovaskular secara menyeluruh,” ungkapnya.

Ketika seseorang mencapai titik orgasme, ada sekitar 50 hormon yang diproduksi dan dirilis oleh otak. Salah satunya adalah oksitosin. Perilisan hormon oksitosin dipicu oleh kontak fisik yang mesra serta manja, perilaku kasih sayang, perasaan cinta dan kenyamanan. Hormon ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mempercepat penyembuhan luka yang ada pada tubuh serta mengurangi stres.

“Berhubungan seks dengan seseorang yang kita cintai jauh lebih sehat bagi kesehatan jantung kita dibandingkan melakukannya dengan orang asing. Ini dikarenakan melakukannya dengan orang yang kita cintai memicu perilisan hormon oksitosin jauh lebih banyak jumlah atau kadarnya dibandingkan dengan orang yang disukai sebatas hawa nafsu sesaat,” Borstel menambahkan.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 2.200 mahasiswa di Michigan State University. Penelitian tersebut mengungkap, wanita yang melakukan seks secara teratur dengan pria yang dicintai memiliki tekanan darah lebih rendah serta risiko penyakit jantung lebih rendah dibandingkan yang sering melakukan seks dengan orang asing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini