Sukses

Kenali Beragam Manfaat Sehat Bunga Arabian Jasmine

Liputan6.com, Jakarta Bunga mungil berwarna putih dengan aroma eksotis ini dikenal sebagai Melati Putih di Indonesia. Namun tanaman perdu dari genus Jasminum ini juga populer dengan nama Arabian Jasmine (Jasminum sambac).

Meski disebut Arabian Jasmine dalam bahasa Inggris, bunga melati ini bukan berasal dari negara Arab, melainkan dari negara Asia, utamanya Asia Selatan dan Asia Tenggara. Oleh karena itu, bunga Arabian Jasmine lebih cocok tumbuh di iklim tropis yang lembap ketimbang di Timur Tengah yang beriklim kering.  

Menurut catatan sejarah, Melati Putih ini disebarkan ke Arab dan Persia dengan dijadikan tanaman kebun. Bunga ini kemudian mulai diperkenalkan ke Eropa sebagai tanaman hias pada abad ke-18.  

Tak hanya berbentuk cantik dan wangi, Arabian Jasmine atau Melati Putih juga memiliki manfaat kesehatan. Sejak zaman dahulu orang Mesir dan Yunani Kuno sudah menggunakannya sebagai aromaterapi, afrodisiak serta stimulan. Ada pula yang menggunakannya untuk menyembuhkan luka dan lepuhan. Serta masyarakat China memakainya sebagai campuran teh.

Mengutip laman Style Craze, Jumat (2/3/2017), banyak studi menunjukkan bahwa bunga ini memiliki banyak senyawa aktif seperti flavanoid dan coumarin yang baik untuk kesehatan jantung (vaskular), glikosida jantung, dan fenolik yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Bunga Arabian Jasmine punya manfaat besar bagi kulit, rambut dan kesehatan. Bunga beraroma khas ini bisa jadi deodoran alami, melembutkan kulit, menghilangkan bekas luka, sebagai kondisioner alami, serta menguatkan rambut. Sementara untuk kesehatan tubuh, aroma Arabian Jasmine bisa digunakan sebagai pendongkrak libido, meredakan stres dan depresi, sebagai antikanker, serta meredakan kejang, nyeri, dan inflamasi.

Aroma dari segenggam bunga ini bisa menurunkan kadar stres. Begitu pula dengan ekstrak minyaknya. Hanya 2 tetes ekstrak Arabian Jasmine bisa memberi efek menenangkan.