Sukses

6 Manfaat Sehat Nasi Basmati Kegemaran Raja Salman

Santapan menu nasi basmati yang dimakan Raja Salman ternyata kaya akan manfaat sehat.

Liputan6.com, Jakarta Raja Salman bin Abdulaziz al Saud dalam kunjungan ke Indonesia saat ini dikabarkan memiliki makanan favorit berupa nasi basmati. Dari segi kesehatan, nasi basmati yang lezat juga dinilai sehat.

Nasi basmati mengandung karbohidrat, sejumlah kecil protein, dan sangat sedikit lemak. Kandungan vitamin, mineral, dan cukup serat menjaga Anda tetap sehat. Kandungan zat yang terkandung pada nasi basmati akan bekerja efektif dengan tambahan sayuran dan hidangan non-sayuran.

Berikut ini manfaat nasi basmati yang dimakan Raja Salman yang ternyata begitu menakjubkan bagi tubuh, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Jumat (3/3/2017).

Risiko kanker usus besar minim

Konsumsi lebih banyak serat dapat meminimalisirkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar. Nasi basmati dapat dikatakan memiliki lebih banyak serat dibandingkan dengan nasi putih biasa. Pilihlah beras basmati yang berwarna cokelat normal.

Studi mengatakan, orang yang makan sekitar 30 gram serat tiap hari dapat mengurangi risiko kanker usus sebesar 30 persen daripada orang kurang mengonsumsi serat.

Kadar glukosa rendah

Anda perlu konsumsi makanan yang tidak mengakibatkan lonjakan besar kadar gula pada darah. Indeks glikemik nasi basmati warna cokelat lebih rendah dibandingkan dengan beras putih biasa. Penderita diabetes dapat aman mengonsumsi nasi basmati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenyang lebih lama

Kenyang lebih lama

Nasi basmati membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan nasi jenis. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang. Jika target Anda membatas mengemil, nasi basmati bisa menjadi pilihan tepat.

Lancarkan buang air besar

Kandungan yang kaya serat membuat Anda tidak perlu khawatir soal buang air besar. Makanan yang kaya serat dapat membantu Anda dari permasalahan sembelit.

3 dari 3 halaman

Bebas kolesterol

Bebas kolesterol

Nasi basmati tidak mengandung kolesterol karena mengandung sangat sedikit lemak. Selain itu, tidak mengandung gluten. Jika Anda mencari makanan bebas gluten, nasi basmati bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari daftar makanan yang Anda konsumsi.

Kandungan vitamin

Nasi basmati mengandung vitamin seperti tiamin dan niacin. Kedua vitamin ini bekerja efektif pada sistem pencernaan, sistem saraf, dan jantung. Kandungan zat besi pada nasi basmati juga bermanfaat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.