Sukses

5 Herbal Favorit Orang Arab yang Ada di Indonesia

Berikut ini ada sejumlah bahan makanan herbal yang sering digunakan orang Arab namun dapat mudah ditemukan di sini,

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah herbal dikenal memiliki manfaat kesehatan. Namun kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, tentunya membawa kesan sendiri terhadap masyarakat.

Berikut ini, kami akan membahas sejumlah bahan makanan herbal yang sering digunakan orang Arab namun dapat mudah ditemukan di sini, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2017):

1. Biji jintan hitam

Di Saudi, biji jintan hitam atau dikenal dengan habbatussauda tetap menjadi obat tradisional utama untuk mengatasi kelelahan, asma, batuk, sakit perut, rematik, sakit tenggorokan, dan kanker.

Rempah ini juga diyakini bisa memudahkan wanita yang akan melahirkan, meredakan nyeri menstruasi, mengatasi infeksi kandung kemih dan memperbaiki fungsi lever. Selain itu juga membantu mengatasi masalah pencernaan, melarutkan batu ginjal dan meningkatkan kecerdasan.

Bagi wanita, habbatussauda bermanfaat untuk mempercantik kulit, dan menyuburkan rambut.

2. Camomile

Teh camomile sering diminum orang Arab untuk menenangkan pikiran. Camomile juga terkenal dapat membantu masalah pencernaan setelah makan. Bagi Anda yang sulit tidur, minuman ini juga perlu dikonsumsi.

3. Thyme

Di Arab Saudi, thyme sering digunakan sebagai obat pilek, flu, demam, batuk dan bronkitis. Biasanya thyme dikonsumsi empat sampai lima cangkir sehari. Thyme adalah antiseptik, antispasmodik (obat anti kejang) dan antijamur.

3. Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah yang sering digunakan untuk masakan Arab dan India. Manfaatnya sudah banyak dikenal, seperti menangkal asam lambung, mencegah jerawat, mencegah alzheimer, arthritis, kanker, diabetes hingga nyeri sendi.

4. Bawang putih

Orang Arab menggunakan bawang putih untuk beberapa hal, seperti:

- Mengobati iritasi akibat gigitan semut

- Mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah atau kalajengking

- Membersihkan luka

- Mengatasi penyakit kulit seperti kutil

5. Kapulaga

Rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae ini juga cukup mudah ditemukan di Indonesia. Orang Arab sendiri percaya, kapulaga atau cardamom ini digunakan untuk menghangatkan tubuh dan membantu meredakan gangguan pencernaan dan gas akibat masalah lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini