Sukses

Apa Arti Setengah Lingkaran pada Kuku?

Tahukah Anda bila setengah lingkaran di kuku memiliki makna kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Coba periksa kuku Anda, apakah ada setengah lingkaran di bagian bawah kuku? Jika ya, tahukah Anda bila hal tersebut memiliki makna kesehatan?

"Sama seperti mata, kuku adalah jendela jiwa," kata Tamara Lior, MD, seorang dokter kulit di Cleveland Clinic Florida. Lior mengatakan ia pernah meyakinkan pasien untuk memeriksakan paru-parunya setelah melihat warna kebiruan pada kukunya--tanda bahwa ia tidak mendapatkan cukup oksigen. Benar saja, ia memiliki cairan di paru-parunya.

Sebuah artikel oleh ahli gizi holistik Mary Reed juga menyorot soal kesehatan yang bisa dilihat dari kuku.

Bintik putih

"Bintik putih di kuku menandakan defisiensi zinc," kata Reed, seperti dikutip Health.howstuffworks, Kamis (2/3/2017).

Reed mengatakan, zinc memiliki peranan penting dalam pertumbuhan. Bila kekurangan zinc, maka seseorang bisa mengalami diare, impotensi, rambut rontok, lesi mata dan kulit, gangguan nafsu makan, dan kekebalan tubuh yang lemah. Anda bisa mendapatkan zinc dari gandum, tiram, biji wijen, cokelat hitam, dan kacang.

Setengah lingkaran di bawah kuku

Menurut Reed, hal ini merupakan indikator tiroid yang sehat. Masing-masing jari yang tidak memilikinya justru memiliki tiroid yang lemah sehingga memicu depresi, perubahan suasana hati, dan memiliki rambut yang tipis.

Garis kasar pada permukaan kuku

Reed mengatakan, garis vertikal pada kuku biasanya disebabkan oleh kekurangan besi. Sedangkan garis horizontal berarti kekurangan vitamin A dan C.

Anda bisa mendapatkan vitamin A dari ubi jalar, wortel, brokoli, mentega, kangkung, bayam, sawi, dan seterusnya. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari pepaya, stroberi, jeruk, kale, lemon, melon, kembang kol, dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini