Sukses

Wanita Korea Diprediksi Miliki Umur Panjang

Wanita korea diprediksi miliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan wanita di negara lainnya? Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Wanita korea diprediksi miliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan wanita di negara lainnya? Benarkah?

Teknologi dan ilmu kesehatan yang semakin berkembang membuat para ilmuwan mencoba untuk mencari jawaban dari usia harapan hidup manusia. Dari sebuah studi yang dilakukan Majid Ezzati dari Imperial Collage London, menemukan harapan usia tertinggi untuk wanita di 2030 dari lima negara; Korea Selatan, Perancis, Jepang, Spanyol, Swiss, Kanada, Belanda, dan Selandia Baru.

"Namun, dibandingan wanita di negara lain--ini juga berlaku pada harapan hidup pria--wanita jauh berada di depan laki-laki di semua negara. Wanita di Korea Selatan, diperkirakan hidup hingga berumur 90 tahun," kata peneliti seperti dikutip Arab News, Kamis (2/3/2017). 

Sementara, wanita di Perancis, Jepang, Spanyol dan Swiss diprediksi hidup sampai usia 88. Menyusul wanita di Australia, Swiss, Kanada dan Belanda di usia 84. Hasil temuan ini dikaitkan oleh faktor genetik, faktor lingkungan, faktor sosial, isu dan tren kesehatan yang sedang berkembang, juga kepemilikan asuransi jiwa dan kesehatan.

"Pada dasarnya temuan ini terjadi karena ada perbedaan dan kesenjangan yang terjadi pada masyarakat di Timur dan Barat," ujar peneliti.

Ezzati dan rekannya mencatat negara-negara kaya seperti Amerika Serikat memiliki harapan hidup yang rendah, karena tingginya tingkat kematian ibu dan anak, hingga tingkat kasus pembunuhan yang tinggi.

Selain itu, tak sedikit juga orang-orang berpenghasilan tinggi disana tidak menggunakan asuransi kesehatan untuk dirinya masing-masing, atau keluarganya. Hasil penelitian terkait umur panjang ini resmi dipublikasikan dalam jurnal Lancet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini