Sukses

Miliki Bentuk Tubuh Apel Berisiko Tinggi Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bentuk tubuh yang mirip dengan bentuk buah apel memiliki risiko diabetes tipe 2

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bentuk tubuh yang mirip dengan bentuk buah apel memiliki risiko kesehatan seperti diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung yang amat tinggi. Bentuk tubuh apel yang dimaksud ialah, lemak yang menumpuk di bagian perut.

Studi yang terbit dalam Journal of American Medical Association (JAMA) mengatakan, risiko diabetes dan penyakit jantung tersebut khususnya terjadi pada individu yang memang memiliki bobot lemak perut berlebih karena faktor genetik.

"Setiap (lemak perut) orang berbeda. Kita biasanya menyebut dengan adipositas perut--ukuran pinggang dan pinggul," kata penulis studi Sekar Kathiresan, associate professor of Medicine dari Harvard Medical School.

Peneliti menguji apakah faktor genetik dan bentuk tubuh khususnya individu yang memiliki adipositas perut benar-benar berkontribusi terhadap risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner, dengan meneliti 400 ribu peserta.

"Orang dengan gen tertentu yang memiliki ukuran pinggang dan pinggul yang besar dengan insulin yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan glukosa dalam tubuh yang tinggi adalah individu yang berisiko tinggi terhadap dua penyakit tersebut," kata peneliti.

Connor Emdin, peneliti dari Massachusetts General Hospital, mengatakan penelitian tersebut menggunakan metode genetika untuk menentukan efek dan karakterisitik dari adipositas terhadap penyakit jantung dan diabetes.

"Semoga suatu hari ada temuan obat untuk melunturkan lemak perut, dan mungkin menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung," kata Emdin dikutip dari Arab News, Rabu (1/3/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.