Sukses

Ada di Setiap Masakan Arab, Ini Manfaat Minyak Samin

Kedatangan Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi cukup membuat heboh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kedatangan Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi cukup membuat heboh masyarakat Indonesia. Selain karena ini adalah kunjungan pertama setelah Raja Kerajaan Arab Saudi pernah ke Indonesia 46 tahun lalu, momen bersejarah ini juga disambut semua kalangan.

Tak luput, sejumlah hal termasuk kuliner dari negeri minyak tersebut menjadi topik hangat netizen. Sebab bila Anda pernah mencoba makanan khas Arab, sebagian besarnya cenderung menggunakan minyak samin.

Apa itu minyak samin? Seperti diberitakan Health Site, minyak samin dibuat dari lemak susu sapi yang dijernihkan dan kemudian dibuang endapannya. Minyak ini sering digunakan untuk masakan India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afrika Timur. 

Namun siapa sangka kalau minyak samin atau ghee ini bermanfaat bagi kesehatan. Para ahli kesehatan percaya, menambahkan minyak samin ke dalam makanan bisa mencegah penyakit hingga membantu program diet. Berikut ulasannya:

1. Vitamin otak

Menurut ahli gizi, Neha Chandna, minyak samin baik untuk saraf dan otak. Mengandung kadar tinggi asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3, minyak samin ini bisa menurunkan risiko demensia dan Alzheimer. Mengonsumsinya secara teratur bahkan membantu fungsi otak Anda lebih baik.

2. Mencegah risiko kanker

Meskipun minyak samin mengandung lemak jenuh, namun bahan ini menghasilkan antioksidan yang ketika dipanaskan bisa mencegah risiko kanker. 

3. Membantu pencernaan

Minyak samin membantu proses pencernaan," kata Neha. Ahli gizi selebriti, Rujuta Diwekar juga menyoroti fakta bahwa makanan tertentu yang ditambahkan minyak samin bisa membantu proses pencernaan lebih baik. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelembap alami

4. Digunakan sebagai pelembab alami

Jika Anda memiliki bibir pecah-pecah, oleskan setetes minyak samin sebelum tidur. Dalam Ayurveda, minyak samin digunakan untuk pelembap. Proses ini bisa diulang beberapa kali sebelum digunakan. Dan sekali dibuat, Anda dapat menyimpannya sampai enam bulan untuk menggunakannya secara teratur. 

5. Mengatasi lemak membandel

Jika Anda merasa gemuk lebih cepat, minyak samin bisa ditambahkan dalam menu harian.

Rujuta menuturkan, minyak samin memiliki asam amino esensial yang membantu memobilisasi lemak dan memungkinkan sel-sel lemak menyusut.

Terlepas dari manfaat di atas, kata Rujuta, minyak samin baik bagi orang yang menderita nyeri sendi, juga bermanfaat untuk meningkatkan memori dan kesehatan mata. Minyak samin juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berapa banyak boleh mengonsumsinya?

Minyak samin dianggap tidak sehat karena orang tidak tahu berapa banyak boleh mengonsumsinya. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun lemak ini dianggap tidak baik untuk orang dengan penyakit jantung, kolesterol, darah tinggi, diabetes dan obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.