Sukses

Heboh Arab, Cobalah Buah Kurma untuk Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Buah kurma merupakan buah yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di kawasan Timur Tengah. Karenanya, tak ada salahnya kita merayakan heboh Arab berkat kedatangan Raja Salman dengan lebih banyak mengonsumsi buah ini. Pasalnya, selain baik untuk kesehatan, buah kurma ternyata juga bisa turunkan berat badan. 

Buah kurma merupakan sumber buah yang kaya akan serat, mineral dan vitamin untuk berbagai penyakit. Dilansir dari Boldsky.com, Rabu (1/3/2017) berikut adalah manfaat kurma untuk menurunkan berat badan.

1. Memberikan efek kenyang

Buah kurma mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat terdiri dari jenis yang larut dan tidak larut dalam proses pencernaan. Kedua kandungan serat dalam buah kurma justru dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat menekan nafsu makan dan menghindari Anda makan lebih banyak.

2. Melancarkan proses buang air besar

Buah kurma terkenal dapat menghindarkan rasa sembelit. Kandungan dari buah kurma mengandung serat yang dikenal sebagai dietary fiber atau kabohidrat yang dapat bekerja untuk memperlancar proses pencernaan dalam usus.

Selain melancarkan pencernaan, kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat tubuh kita lebih sehat.

Manfaat buah kurma untuk menstimulasi pencernaan dapat meningkatkan kesehatan dalam usus agar dapat membantu menurunkan berat badan.

1 dari 3 halaman

Kaya energi tapi rendah kolesterol

3. Kaya akan kandungan energi

Kurma dikenal mengandung fruktosa, glukosa serta dextrose. Buah kurma seberat 100g hanya mengandung 277 kalori. Walaupun rendah kalori buah kurma malahan dapat meningkatkan energi dan dapat merevitalisasi tubuh.

Jadi, konsumsi kurma dapat meningkatkan energi tanpa harus makan banyak kalori. Kandungan energi dalam buah kurma ternyata juga bisa menghilangkan rasa malas. Anda bisa merasa lebih segar dan aktif setelah mengonsumsi buah hitam ini.

4. Bebas dari kandungan kolesterol dan lemak jahat

Kolestrol dan lemak jahat sering sekali ditemukan oleh banyak orang yang mengalami kegemukan. Kedua kandungan tersebut justru menjadi penyebab utama dari kenaikan berat badan. Namun, buah kurma justru lebih banyak mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kemampuan otot dan meningkatkan sel darah merah.

2 dari 3 halaman

Mengatur diet dan membakar lemak

5. Membantu mengatur diet

Saat diet, Anda pasti mengatur pola makan sebaik mungkin bahkan di antarnya menjauhi segala bentuk makanan yang dapat meningkatkan berat badan seperti mengonsumsi karbohidrat. Namun dengan memakan buah kurma Anda tidak perlu khawatir akan kenaikan berat badan, selain kaya nutrisi buah ini juga enak dikonsumsi.

6. Dapat membakar lemak

Potassium dan sulphur dalam kandungan buah kurma ternyata dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Bahkan kemampuan buah ini juga
dapat menguraikan lemak dalam tubuh. Makan buah kurma di pagi hari dengan sarapan dapat meingkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak sehingga menurunkan berat badan. (Aida Tifani)



Artikel Selanjutnya
14 Makanan Ini Dapat Dimakan dalam Porsi Banyak Tanpa Takut Gemuk
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Dijamin Susut dengan Kombinasi Makanan Ini