Sukses

Trik Latih Kekuatan Mental Ala Pasukan Tentara Elit AS Navy SEAL

Liputan6.com, Jakarta Seperti Kopassus atau Komando Pasukan Khusus di Indonesia, pasukan tentara elit Amerika Serikat yang disebut Navy SEAL juga memiliki trik pelatihan khusus untuk menguatkan fisik serta mental anggotanya.

Seperti diinformasikan situs The Hustle, mengutip Selasa (1/3/2017), seorang penulis buku bernama Jesse Itzler menuliskan pengalaman berkesannya hidup bersama salah satu anggota Navy SEAL, David Goggins. Pengalamannya itu ditulis dalam buku bertajuk ‘Living with a SEAL’.

“Saya pertama kali melihat sosok salah satu anggota SEAL dalam ajang lomba lari marathon di San Diego, California, AS,” kata Jesse saat diwawancarai.

Jesse dan teman-temannya terkagum-kagum melihat pria dengan berat badan mungkin lebih dari 100 kg, kebanyakan berat pada otot, berlari tiada henti sementara orang lain sudah kehabisan napas dan tenaga untuk lanjut lari.

“Sebelumnya memang saya tidak tahu siapa dia, yang saya tahu setelah lomba saya bertanya-tanya kepada panitia dan mereka sempat bilang pria ini sebetulnya sedang menderita gagal ginjal dan juga ada beberapa tulang di kakinya yang patah,” lanjutnya.

Jesse melanjutkan, “Mengetahui hal tersebut saya tentunya berpikir pria ini seharusnya didiskualifikasi namun karena ia terlihat kuat dan memang betul kuat seolah tidak ada apa-apa, maka sepertinya tidak ada alasan untuk siapa pun menghentikannya.”

Rasa penasaran Jesse memuncak dan ia pun akhirnya diberitahu bahwa pria itu adalah anggota Navy SEAL. Merasa rasa penasaran dan kekagumannya belum terbayar, ia pun akhirnya menawarkan anggota Navy SEAL itu kesempatan untuk menjadi pelatih mental pribadinya dan keluarganya.

“Saya menawarkannya untuk tinggal bersama saya dan keluarga selama sebulan di mana ia saya harap bisa membantu mengajarkan kami trik ketangguhan mental seperti yang ia dapatkan dari Navy SEAL,” jelasnya.

1 dari 4 halaman

40 Percent Rule

“40 Percent Rule”

Pria anggota Navy SEAL yang tidak disebut namanya saat wawancara khusus The Hustle bersama Itzler itu akhirnya menerima tawaran tersebut.

Itzler kemudian menceritakan bagaimana anggota SEAL ini menerapkan sebuah sistem yang dinamakan ‘The 40 Percent Rule’ untuk meningkatkan kekuatan mental.

“Jadi sistem ini berhubungan dengan pikiran Anda. Peraturan 40 persen ini diterapkan di pikiran ketika Anda merasa Anda sudah hampir selesai menyelesaikan suatu hal, baik tugas mau pun sedang olahraga. Jika sudah mulai lelah dan merasa sudah mau selesai, ingatkan diri bahwa tugas Anda baru terselesaikan sampai 40 persen,” tutur Jesse.

Trik mental ini membuat kita terus berusaha melakukan suatu hal dan melakukan apa pun melampaui batas yang sudah kita set sebelumnya. Dengan pikiran tersebut, kita diharapkan menjadi lebih gigih, melakukan suatu hal tidak berhenti dan mental menjadi tidak tergoyahkan.

“Setiap hari mulai dari pagi, saya sekeluarga diinstruksikan untuk latihan olahraga gerakan dari mudah ke yang susah. Kami digenjot terus sampai lelah. Namun selalu dibilang baru 40 persen,” terangnya.

Jesse kemudian menjelaskan bahwa kebiasaan dididik untuk disiplin setiap hari dan menggunakan metode '40 Percent Rule’ ala Navy Seal membuatnya jadi lebih kuat menghadapi apa pun serta menjadi terbiasa memaksakan tubuh untuk berolahraga melampaui batas kemampuan yang sebelumnya dikira sudah maksimal.

2 dari 4 halaman

David Goggins

Anggota Navy SEAL yang sempat tinggal sebulan di kediaman Itzler bernama David Goggins. Namanya tidak disebut di sesi interview namun disebutkan dalam buku karya Itzler.

Ia merupakan pemegang rekor pull-up terbanyak di dunia dan juga seorang atlet lari. Tentunya semua orang tidak akan heran mengetahui kemampuannya di segala aspek dan ketangguhan fisik serta mentalnya.

Tapi jangan salah, ia bisa menjadi seorang Navy SEAL lalu sukses jadi atlet namun sebetulnya pada saat yang bersamaan ia menderita gagal ginjal, kecacatan jantung (atrial septum defect) dan patah tulang di beberapa bagian kaki.

Lalu, kok ia tetap bisa terlihat aktif, sehat seperti tidak akan penyakit yang berani memasuki tubuhnya? Ini semua berkat metode ’40 Percent Rule’ yang ia kuasai serta ajarkan kepada keluarga Itzler selama sebulan penuh.

Trik ini membantu meyakinkan otak seseorang bahwa dirinya masih mampu walaupun kadang terasa sudah metok mencapai batas maksimal. Ini merupakan pelatihan mental yang sukses membuat semua anggota Navy SEAL kuat mentalnya menghadapi rintangan apa pun dalam hidupnya dan pekerjaannya.

3 dari 4 halaman

Metode disetujui oleh pakar kesehatan

Sebuah penelitian pada tahun 2008 lalu menunjukan fakta bahwa tubuh manusia sebetulnya bisa dan mampu melakukan hal melebihi batas-batas yang ada, terlepas dari kondisinya.

Manusia kerap kali membatasi diri serta kemampuannya karena takut, terlalu protektif dengan keselamatan diri dan juga karena lebih memilih main aman. Tetapi faktanya meski kita dalam kondisi sakit pun, contohnya seperti Goggins, kita sebetulnya masih kuat melakukan banyak hal jika niat dan mental kita dikuatkan secara positif.

Artikel Selanjutnya
Tarot of The Week, Pukau Semua Orang dengan Bakat Terpendammu
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Tanda Seseorang yang Perfeksionis