Sukses

6 Jenis Hobi yang Tanpa Disadari Bantu Cerdaskan Otak

Liputan6.com, Jakarta Kecerdasan otak manusia bukanlah suatu hal yang mutlak. Ada beberapa kondisi yang bisa menurunkan kapasitas serta kemampuannya seperti penyakit, ada pula beberapa aktivitas yang apabila dilakukan secara rutin dan sepenuh hati, dapat memicu peningkatannya.

Ini terbukti lewat hobi. Ada beberapa jenis hobi yang tanpa disadari membantu mencerdaskan otak Anda. Ini jenisnya seperti dilansir laman Cosmopolitan, mengutip Selasa (1/3/2017).

Memainkan alat musik

Musik menstimulasi otak, ini adalah pernyataan yang telah disetujui dan dibuktikan oleh sejumalh peneliti hebat seantero dunia. Musik diyakini memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sisi emosional kompleks manusia serta kondisi psikologisnya. Peneliti menjelaskan bahwa mendengarkan musik sekaligus memainkan alat musik membantu meningkatkan kemampuan mengingat atau memori seseorang. Memainkan alat musik juga membantu menguji kesabaran serta melatih ketekunan lantaran memakan waktu lama dan juga mengharuskan adanya niat pada seseorang untuk melakukannya. Terlebih, konsentrasi juga meningkat dengan dilakukannya secara rutin hobi ini.

Membaca

Suka membaca buku, apalagi sejak usia dini, dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Terlepas dari apa pun yang dibaca, baik fiksi, non fiksi, biografi, antologi, dan sebagainya, seseorang yang rajin membaca akan lebih banyak inspirasinya. Imajinasinya pun juga luas sehingga waktu untuk stres berkurang. Mereka yang rajin baca buku juga diyakini memiliki kedamaian hati serta lebih sejahtera secara lahir dan batin. Terlebih, rajin membaca membuat seseorang lebih siap menghadapi sesuatu lantaran sudah didukung ilmu pengetahuan yang luas, lalu juga membuatnya lebih produktif dalam upaya mencapai cita-citanya.

1 dari 2 halaman

Meditasi

Meditasi membantu seseorang fokus pada pencarian jati dirinya. Hobi ini ampuh mengurangi stres serta menghilangkan segala macam bentuk kekhawatiran yang ada di kepala. Dengan meditasi, seseorang bisa berpikir lebih jernah ketika merencanakan hal-hal tertentu dalam hidupnya. Ia akan lebih efektif menangani suatu hal yang mudah sampai sulit. Ia pun juga akan lebih jago mengendalikan dirinya dari perbuatan negatif yang dapat merugikan kesehatan fisik dan mentalnya.

Memasak

Orang yang hobi masak memiliki jiwa kreatif yang tinggi, lalu komitmen yang kuat untuk menyajikan hidangan dengan rasa yang tepat, kemudian tekad yang bulat untuk memberikan makanan dengan kualitas terbaik. Mereka juga akan sangat perhatian terhadap hal-hal kecil dan mengasah keterampilannya dari waktu ke waktu. Ini merupakan tanda-tanda orang berotak cerdas.

Menulis

Hobi menulis membantu tingkatkan kemampuan linguistik, menonjolkan kreativitas, mengundang imajinasi, mengasah keterampilan, melatih fokus, mempromosikan ekspresi diri sendiri serta membuat seseorang lebih konsisten akan suatu hal. Dari semua hobi, menulis adalah yang paling utama menandakan peningkatan pada kecerdasan otak manusia.

Travelling

Travelling bukan berarti hanya berjalan-jalan ke lokasi wisata namun juga upaya untuk mencerdaskan otak. Energi yang terkuras ketika melakukan perjalanan berjarak jauh dapat membantu mengurangi tingkat stres dalam otak. Ketika stres berkurang, seseorang akan lebih fokus pada hal-hal yang ia ingin lakukan. Pengamatan akan suatu hal pun menjadi detil dan pemahaman akan suatu budaya atau hal lainnya bertambah. Tentunya ini menjadi aset positif bagi otak.

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Makanan untuk Otot Setelah Olahraga