Sukses

10 Hal yang Bisa Bikin Orang Lain 'Ilfil' Sama Kita

Liputan6.com, Jakarta Kita boleh berpikir kalau kita memiliki banyak teman dan merasa disukai oleh hampir semua orang yang pernah ditemui. Namun perlu diketahui bahwa adan sikap, perilaku, sifat dan juga kebiasaan buruk tertentu dalam keseharian kita yang sebetulnya membuat orang lain berpikir negatif tentang kita. Hati-hati, semua hal ini bisa membuat orang lama-lama menghindar dari kita.

Apa saja hal-hal tersebut? Berikut selengkapnya versi US Health News, mengutip Selasa (1/3/2017).

1 dari 3 halaman

Terlalu narsis

Ketika kita terlalu fokus membicarakan diri sendiri serta menonjolkan kelebihan yang ada dari diri kita, maka lambat laun orang akan lelah mendengarkannya dan menjadi ilang feeling (ilfil).

Terlalu fokus dengan penampilan luar

Jika kita terlalu fokus terhadap bagaimana penampilan fisik kita tanpa melibatkan pembenaran diri dari dalam dalam atau melalui sikaop, maka sangat mungkin orang akan menghindar karena lelah dengan diri kita yang jarang mensyukuri bentuk fisik yang kita miliki.

Terlalu kompetitif

Kalau kita terus-menerus membandingkan diri kita dengan orang lain dan pembawaanya terlalu ambisius dalam  upaya mengalahkan orang lain, maka tentu orang lain akan menjadi kurang tertarik berteman dengan kita. Mereka lama-lama akan enggan bergaul dengan kita yang selalu menganggap apa pun itu kompetisi dan selalu tentang siapa menang dan siapa kalah.

Mencurigai teman

Apabila teman kita sendiri kita curigai dan akhirnya dimusuhi karena asumsi jelek kita yang belum tentu benar, maka ini memungkinkan jumlah teman kita berkurang dari waktu ke waktu.

Terlalu khawatir status di mata orang

Ketika kita terlalu banyak berandai-andai, “dia sayang tidak ya sama saya?”, “saya penting tidak sih dihidupnya?”, maka teman pun akan lari dari kita lantaran berpikir bahwa berteman dengan kita mengharuskan dirinya untuk fokus membuat kita merasa bahagia sesuai yang kita inginkan tanpa memikirkan usaha yang perlu dilakukannya.

2 dari 3 halaman

Terlalu bossy

Tidak ada orang yang suka dengan orang yang terlalu banyak mengatur orang lain. Jangan berusaha atur orang-orang yang sebetulnya tidak bekerja buat kita. Jika keputusan terus-menerus dibuat oleh kita, bahkan sampai mencampuri urusan pribadi teman, maka teman bisa hilang sekejap dan enggan berada di sekitar kita lagi.

Terlalu sering berbohong

Pada umumnya tidak ada orang suka dibohongi oleh orang lain, apalagi temannya sendiri. Apabila kita sering berbohong dan meski ketahuan tetap melakukannya lagi berkali-kali setelah itu, maka teman pun bisa jadi mantan teman.

Kurang sopan santun

Kesopanan dan tata krama perlu dimiliki setiap orang. Tanpa kedua hal ini, tentunya kita akan dihadapi banyak masalah dengan orang lain.

Tidak bisa diandalkan tetapi terlalu bergantung sama orang lain

Apabila kita terlalu sering mengecewakan orang lain dengan menunjukan sikap yang tidak bisa diandalkan dan secara ironis justru bergantung pada orang lain, maka bersiaplah menjadi penyendiri karena tidak ada orang yang nyaman bergaul dengan pemilik dua sifat fatal tersebut.

Terlalu negatif

Kalau apa-apa dibilang salah, tidak benar, berbahaya, mengancam, mematikan dan kata-kata negatif lainnya, maka teman pun akan malas bergaul dengan kita lantaran aura negatif sudah terpancar dari awal dan ini bisa membuatnya stres.

Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit