Sukses

Strategi Efektif Tangani Krisis Kepercayaan Diri

Liputan6.com, Jakarta Masalah kepercayaan diri merupakan isu yang seringkali dialami banyak orang seantero dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah kepercayaan diri berdampak pada segala aspek dalam kehidupan sehari-hari. Minimnya kepercayaan diri dapat mengancam kesuksesan di sekolah, kantor dan dunia sosial kita.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan setiap hari guna menciptakan rasa percaya diri yang maksimal. Berikut triknya seperti dimuat laman Wellness, Selasa (1/3/2017).

1 dari 6 halaman

Singkirkan pribadi yang jorok

Langkah pertama menuju kepercayaan diri yang maksimal adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri serta apa pun yang ada di sekitar Anda. Mulailah dengan rutin mandi dua kali sehari, rajin mencuci muka serta gosok gigi, lalu membersihkan kamar, mencuci pakaian, membasuh kedua tangan sebelum dan sesudah makan, dan hal yang mencerminkan kebersihan lainnya. Ketika Anda bersih, tentunya Anda terlihat rapih dan juga beraroma harum. Ini secara tidak langsung membuat Anda lebih percaya diri di hadapan orang lain.

2 dari 6 halaman

Jadikan cermin teman berlatih

Cermin adalah benda tepat untuk dijadikan teman berlatih komunikasi atau bicara. Jika Anda harus berpidato di depan orang banyak atau gugup mengajak orang yang disukai berbicara, maka alangkah baiknya berlatih di hadapan cermin terlebih dahulu sebelum eksekusi. Usahakan sering menyapa diri sendiri, mengajak ngobrol dan berusaha latihan kata-kata yang akan dilontarkan nanti di luar rumah di hadapan cermin terlebih dahulu supaya lebih lancar dan mulus rencana berkomunikasi di depan atau dengan orang lain nantinya.

3 dari 6 halaman

Berpakaian sewajarnya

Setiap orang berhak mengenakan pakaian sesuai dengan keinginannya masing-masing. Namun agar Anda lebih percaya diri di mana saja dan kapan saja, mulailah berpakaian sewajarnya atau sesuai dengan tempatnya. Contohnya ketika mau ke sekolah atau kantor, alangkah baiknya menggunakan seragam atau pakaian yang sudah ditentukan institusi tersebut. Lalu pakaian yang dikenakan saat ke mall atau ke acara konser tentunya berbeda. Pakaian untuk santai di rumah dan sedang pergi malam pun tentunya berbeda. Mengenakan pakaian sesuai dengan tempatnya bisa membantu Anda menjadi lebih percaya diri lantaran Anda merasa nyaman dan terhindar dari potensi dibicarakan yang aneh-aneh oleh orang lain.

4 dari 6 halaman

Kontak mata

Jika ingin lebih percaya diri, mulailah hormati orang lain ketika berbicara dengan kedua mata Anda terus menatap miliknya. Jangan pernah melihat kesana kemari jika ingin dianggap serius dan tidak memalukan di depan orang lain. Kebiasaan menatap seseorang langsung ketika berkomunikasi lama-lama akan membuat Anda lebih percaya diri dengan membuat Anda lebih terbiasa menghadapi suatu hal tanpa rasa takut atau malu.

5 dari 6 halaman

Badan jangan bungkuk

Postur tubuh memainkan peran yang sangat kuat untuk membuat seseorang lebih percaya diri. Ketika kita membungkuk, tidak hanya orang lain akan melihatnya sebagai tanda kurang percaya diri, kita pun akan merasa jauh lebih tidak percaya diri karena pikiran itu akhirnya divalidasi oleh pendapat orang lain. Mulailah tegakkan postur tubuh. Ini bukan pertanda arogan, namun menunjukan bahwa Anda mewakili pribadi yang berani akan tantangan dan tentunya lebih percaya diri.