Sukses

Stres Akan Hilang Setelah Anda Dengar Kicauan Burung

Liputan6.com, London- Kehidupan perkotaan yang sibuk dan penuh tekanan buat penghuninya mudah stres. Untuk meredamnya, cobalah sering-sering pergi ke taman untuk menikmati hari sambil mendengarkan kicauan burung.

Berdasarkan hasil penelitian dari University of Exeter, Inggris, individu yang bermukim di sebuah wilayah dengan banyak pepohonan serta burung, kemungkinan stres atau depresi sangat rendah.

Fakta ini didapat setelah mereka melakukan sebuah studi dengan melibatkan 274 orang partisipan. Peneliti ingin melihat separah apa tingkat stres yang terjadi di diri mereka. 

Satu hal yang unik. Ketika sore hari, para responden yang terdiri dari individu berumur 40 sampai 70 tahun diminta mendengarkan kicauan burung yang ada di taman. Hampir semua responden merasa lega dan dapat melupakan sejenak beban berat yang membuat mereka stres.

"Studi ini membongkar bahwa kunci kesejahteraan mental kita salah satunya adalah interaksi dengan alam," kata penulis studi, Daniel Cox seperti mengutip Daily Mail, Rabu (28/2/2017).

"Dengan kehadiran burung di sekitar rumah dan alam terbuka, berperan membuat hidup lebih bahagia," kata Cox menambahkan.

Studi dari Daniel Cox dan tim ini turut menambah penelitian serupa beberapa tahun yang lalu. Bahwa lingkungan hijau punya peran penting untuk kesejahteraan mental penghuninya.

Dengan pergi ke taman kota atau sekadar melihat pemandangan hijau dari balik jendela kamar, terbukti menurunkan stres.