Sukses

Kuku Tangan Bisa Cerminkan 5 Masalah Kesehatan

Kuku bukan cuma bagian dari anggota tubuh yang berkaitan dengan penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Kuku bukan cuma bagian dari anggota tubuh yang berkaitan dengan penampilan. Sebab, kuku bisa memberitahu apakah ada sesuatu yang salah dengan kesehatan Anda.

Beberapa tanda, misalnya, kuku mudah patah atau kering, biasanya disebabkan oleh kurangnya vitamin tertentu.

Lebih jelasnya, berikut ulasannya, seperti dilansir Step to Health, Selasa (28/2/2017):

1. Kuku mudah patah

Kondisi ini mungkin berhubungan dengan masalah tiroid, anemia, dan jamur.

Sayangnya, minyak kutikula tidak akan membantu memecahkan masalah ini. Untuk mengatasinya, Anda harus memeriksa kadar hormon dan pastikan tiroid Anda dalam batas normal.

Anda juga perlu ingat kalau masalah ini tidak berkaitan dengan berat badan. Sebab, ada keyakinan bahwa orang yang gemuk cenderung memiliki gangguan tiroid dan anemia. Namun perlu dicatat, kondisi ini tidak selalu berjalan beriringan.

2. Kuku berubah warna

Jika kuku berubah warna, maka penyebabnya adalah jamur, diabetes, masalah hati, ginjal, jantung atau paru-paru hingga lymphedema.

Warna-warna yang kuku yang berbeda, bisa memberi sinyal kesehatan sebagai berikut:

Hijau = bakteri
Garis-garis merah di dasar kuku = infeksi katup jantung
Kebiruan = rendahnya tingkat oksigen dalam darah
Pucat = kekurangan vitamin
Putih = hepatitis atau anemia
Garis-garis gelap di bagian atas kuku = tanda-tanda penuaan dan gagal jantung kongestif
Garis-garis gelap di bawah kuku = Kanker kulit 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuku retak

3. Kuku retak

Ketika tangan Anda selalu dalam air, kuku Anda akan terus berfluktuasi antara terhidrasi dan dehidrasi. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan kuku retak. Masalah ini juga dapat menyebabkan kuku Anda mengelupas lapisan demi lapisan. Terus-menerus menggigit kuku Anda di mulut juga menyebabkan efek yang sama.

Selain itu, jika Anda jika tangan terus berair dan kuku mudah retak, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya asam folat, vitamin C, dan protein.

Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk atau jeruk bali, setidaknya sekali sehari. Mangga yang kaya akan asam folat juga direkomendasikan.

4. Kuku menebal

Kuku yang menebal bisa jadi karena jamur atau indikasi penyakit paru-paru. Jadi Anda harus membicarakan hal ini dengan dokter Anda. 

5. Muncul garis putih

Munculnya garis putih pada kuku bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. Biasanya hal ini juga disertai kerontokan rambut. 

Masalah ini biasanya bisa diatasi dengan memperbaiki diet atau minum vitamin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.