Sukses

3 Hal Ini Tanpa Disadari Bisa Membuat Kita Hilang Ingatan

Liputan6.com, Jakarta Penurunan daya ingatan kita tidak hanya dipicu oleh usia dan pengalaman mengalami kecelakaan yang menghantam bagian otak saja. Ada hal-hal yang kita lakukan sehari-hari atau ada di sekitar kita setiap saat yang juga bisa membuat kita sering lupa dan lama-lama bisa lupa ingatan.

Penasaran apa saja? Berikut jawabannya seperti dimuat laman Huffington Post, Senin (27/2/2017).

1 dari 4 halaman

Tidur kurang berkualitas

Tidak yang kurang cukup dan tidak berkualitas berarti otak seseorang tidak mendapatkan waktu beristirahat yang cukup. Jika dibiarkan terus-menerus hal ini hingga menjadi kebiasaan, maka protein dalam otak akan berkembang dan mendominasi sampai pusat pengendali memori pun kinerjanya menurun.

2 dari 4 halaman

Polusi

Udara yang kita hirup sudah hampir semuanya tercemar atau terpolusi. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 ini, wanita yang berdomisili di area yang terpolusi cenderung rentan terhadap potensi mengalami demensia dan alzheimer. Udara yang terpolusi mengandung zat kimia berbahaya yang menganggu kemampuan otak mengingat suatu hal.

3 dari 4 halaman

Suka menyendiri

Sejumlah penelitian mengungkap fakta bahwa orang suka menyendiri atau mengisolasi dirinya dari kehidupan sosial kemungkinannya sangat besar menderita penyakit alzheimer. Penyendiri umumnya akan menjadi jarang tekekspos informasi dari luar dan kehidupan sosial sehingga lebih fokus pada pikiran dan dirinya sendiri. Alhasil, ia punya kehidupan sendiri yang membuatnya lupa akan hal-hal diluar.

Artikel Selanjutnya
Analgesia, Mutasi Gen yang Bikin Orang Tidak Bisa Merasakan Sakit
Artikel Selanjutnya
Menarik Diri dari Pergaulan Gejala Umum Demensia?