Sukses

Biskuit Jadi Salah Satu Pemicu Utama Kanker?

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita berandai-andai jenis makanan yang betul-betul bisa jadi pemicu kanker dan sekarang kita dapat jawabannya. Melansir Times of India, Senin (27/2/2017), Kepala bidang Quantitative Health di Grow-fit, Vinay Bhardwaj mengatakan bahwa jenis makanan pemicu utama penyakit kanker adalah makanan yang dibuat atau dimasak menggunakan minyak sayur yang mengandung lemak trans.

Lemak trans atau dalam bahasa Inggris, trans fat adalah lemak yang dibentuk dengan menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur. Kadar asam lemak omega-6 yang dikandung lemak terhidrogenasi, membuatnya sangat rentan terhadap paparan karsinogenik penyebab kanker.

Makanan mengandung lemak trans diantaranya adalah kue, biskuit, donat, kentang goreng dan masih banyak lagi. Namun ini semua berbahaya jika diproses menggunakan minyak sayur pengandung lemak trans.

Selain bisa menyebabkan kanker, lemak trans juga dikenal sebagai pemicu beberapa penyakit lain seperti penyakit jantung dan gangguan autoimun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini