Sukses

8 Fakta Menstruasi Pria Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah tahu dari belajar di sekolah dulu: setiap bulan, wanita mengeluarkan darah. Itu artinya mereka sedang menstruasi dan artinya mereka tidak sedang hamil.

Namun, seperti segala sesuatunya tentang wanita, menstruasi tidaklah sesimpel itu.

Walaupun Anda tentunya tidak pernah dan tidak akan mengalami menstruasi, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mengetahui tentang siklus wanita ini.

Dilansir dari Men's Health, Senin (27/2/2017) inilah delapan hal yang para pria harus ketahui tentang menstruasi wanita:

1. Bukan hanya sekadar darah

Para wanita tentu saja sudah tahu tentang hal ini, tapi kebanyakan pria tidak tahu apa saja yang terjadi saat wanita menstruasi.

Setiap bulan, endometrium, atau dinding rahim wanita mengalami peluruhan. Selama siklus menstruasinya, dinding ini akan menebal untuk mempersiapkan diri menerima telur yang sudah dibuahi.

Jika pembuahan tidak terjadi, tubuh wanita tidak akan membutuhkan jaringan ekstra tadi. Jaringan ekstra inilah yang diluruhkan saat menstruasinya, yang biasanya berlangsung selama 2-7 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menstruasi dan kehamilan

2. Pengaturan waktu bisa meningkatkan potensi kehamilan

Pelajaran biologi dasar: untuk bisa hamil, telur wanita harus bertemu dengan sperma pria. Hal ini hanya bisa terjadi pada saat ovulasi, yaitu ketika telur lepas bebas dari ovarium.

Kapan tepatnya seorang wanita berovulasi tergantung pada panjang siklusnya atau banyaknya hari di antara periode menstruasinya. Jika wanita pasangan Anda memiliki rata-rata 28 hari antara menstruasinya, dia biasanya akan berovulasi pada hari ke-14.

Namun, telur wanita bisa bertahan hidup sampai 48 jam sampai setelah ovulasi dan sperma bisa bertahan hidup selama 72 jam setelah ejakulasi. Demikian penjelasan Linda Bradley, M.D., direktur dari Fibroid and Menstrual Disorders Center di Cleveland Clinic.

Jadi, jika seorang wanita berovulasi pada hari ke-14, dia masih bisa hamil setelah berhubungan seks pada hari ke-11 sampai hari ke-16.

3. Wanita bisa tetap bisa hamil saat menstruasi

Pernah mendengar bahwa berhubungan seks saat wanita menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan? Itu hanyalah mitos. Menurut Nathaniel DeNicola, M.D., seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine, tidak semua wanita memiliki siklus yang teratur.

Seorang wanita dengan siklus yang pendek, misalnya, bisa langsung berovulasi langsung setelah dia selesai menstruasi. Jadi ketika Anda berdua berhubungan seks pada hari terakhir menstruasinya, kemungkinannya sperma Anda akan berada cukup lama sampai telurnya dilepaskan. Yang tentunya, dapat menyebabkan kehamilan.

Belum lagi, jika siklusnya tidak teratur, wanita bisa kesulitan membedakan hari pertama menstruasinya dengan spotting (bercak darah) yang biasa terjadi saat seorang wanita berovulasi. Dan, jika Anda berhubungan seks pada periode ini, artinya dia justru sedang subur-suburnya.

Secara garis besar, jika Anda belum ingin menjadi ayah, gunakanlah alat kontrasepsi setiap kali Anda dan pasangan berhubungan seks, bahkan walaupun pasangan sedang menstruasi sekali pun.

4. Wanita masih bisa "menstruasi" saat hamil

"Bukannya tidak mungkin untuk mengalami menstruasi, pada saat dia meluruhkan dinding rahimnya, sekaligus mengalami kehamilan pada waktu yang sama," ujar Dr. DeNicola. "Tapi, sangatlah mungkin untuk melihat bercak darah (spotting), yang mungkin terlihat seperti darah menstruasi saat kehamilan."

Menurut suatu penelitian pada tahun 2012 di Tiongkok, 24 persen wanita dilaporkan mengalami pendarahan pada trimester pertama mereka. Ini bisa disebabkan oleh penanaman telur yang sudah dibuahi pada rahim, atau perubahan hormon sehubungan kehamilan.

Namun, hal tadi juga bisa menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti masalah pada plasenta, atau tanda keguguran, ucap Dr. DeNicola.

3 dari 4 halaman

Kram dan PMS bikin menderita

5. Keram memang benar-benar menyakitkan

Suatu penelitian dari Italia menemukan, lebih dari 80 persen wanita muda melaporkan mengalami keram saat menstruasi. Dan kira-kira satu dari tiga wanita mengalami rasa sakit yang sangat hebat sampai-sampai mereka tidak bisa bekerja atau keluar rumah.

Ketika menstruasi seorang wanita dimulai, level suatu zat kimia yang bernama prostaglandin meningkat, ujar Dr. Bradley. Hal ini bertujuan untuk membantu rahim berkontraksi untuk meluruhkan dindingnya.

Namun, hal tadi juga menyebabkan keram--yang biasanya terasa seperti rasa sakit akibat tertusuk secara terus-menerus--yang menyebar dari perut bagian bawah, menuju punggung dan paha.

Hal ini bisa membuat wanita merasa sangat-sangat tidak nyaman dan kesakitan.

6. PMS itu nyata

Jika tiba-tiba wanita Anda menjadi lebih pemarah, cobalah menghindari membuat lelucon sehubungan dengan sindrom pra menstruasi (PMS). Sindrom pra menstruasi biasanya terjadi kira-kira satu minggu sebelumnya, dan bisa membuat wanita merasa "berantakan".

Para peneliti tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab PMS, tapi sepertinya hal ini berhubungan dengan meningkat drastisnya kadar hormon estrogen dan progesteron di tubuh.

Beberapa wanita bisa jadi sangat sensitif pada perubahan ini, kata Dr. DeNicola. Sehingga, mereka biasanya mengalami simptom yang berhubungan dengan PMS: kelelahan, perubahan suasana hati, nafsu makan meningkat, payudara lebih sensitif, keram, pegal-pegal, dan gelisah.

PMS berbeda dengan premenstrual dysphoric disorder (PMDD), suatu kondisi yang seperti PMS tapi jauh lebih parah.

Wanita dengan PMDD bisa mengalami depresi, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, atau perubahan pola tidur yang bisa mempengaruhi kehidupan mereka. Jika dia mengalami simpton ini, ajaklah dia untuk berkonsultasi ke dokter.

4 dari 4 halaman

Menstruasi dan gairah bercinta

7. Ovulasi bisa meningkatkan gairah wanita

Menurut suatu penelitian di Kanada, wanita berfantasi seksual lebih sering ketika mereka berovulasi dibanding periode lainnya pada siklus mereka--dan mereka dilaporkan juga merasa lebih terangsang akibat fantasi tadi.

Hal ini karena, pada saat ovulasi, otak wanita mengirimkan sinyal untuk menstimulasi ovariumnya agar bersiap melepaskan telur. Kadar hormon pelutein dan hormon penstimulasi folikelnya berada pada titik tertinggi.

Perubahan hormon ini membuat wanita jadi sangat mudah terangsang, ujar Brett Worly, M.D., seorang asisten profesor obstetrics and gynecology di Ohio State University.

8. Menstruasi bisa membuatnya tak ingin bercinta--atau jadi sangat ingin

Ketika menstruasinya dimulai, kadar hormon estrogen dan progesteron--yang dikaitkan dengan simptom PMS seperti suasana hati buruk, senewen, dan payudara sensitif--menurun. Hasilnya, suasana hati wanita biasanya jadi lebih baik.

Namun, bukan berarti dia lantas siap bermain di ranjang bersama Anda. Keram bisa membuat seks jadi terlihat sangat tak menarik. Belum lagi masih ada stigma sosial tentang bercinta saat menstruasi. Mereka juga bisa berasumsi Anda tidak akan nyaman melakukannya atau mereka sendiri yang merasa tidak nyaman untuk bercinta.

Namun, bagi beberapa wanita lain, gairah seksual mereka justru melonjak pada periode ini. "Organ pelvisnya bisa jadi lebih sensitif karena meningkatnya aliran darah pada waktu ini," ujar Dr. Worly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.